Kamis, 31 Juli 2014

Pola Makan Sehat, Puasa Perbaiki Keluhan Maag

PUASA Ramadan tidak hanya membawa berkah bagi penderita maag. Puasa juga membawa keluhan maag membaik.
Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Konsultan Gastroenterologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan, puasa mampu membuat maag membaik. Apalagi, hal ini terjadi karena pola makan saat berbuka puasa dan sahur yang sehat.
"Maag bisa muncul karena faktor makan. Jadi, cara untuk mengontrolnya ialah dengan menghindari makanan yang asam, pedas, berlemak, dan juga cokelat," katanya saat diwawancara Okezone, Senin (21/7/2014)
Lebih lanjut, penyakit ini juga masih bisa bergejolak. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi obat penekan asam lambung. (Baca: Pola Makan Sehat selama Puasa) 
"Saat perut tidak enak saat jalani puasa, berarti asam lambung meninggi. Kalau sudah seperti itu, minumlah obat asam lambung khususnya saat sahur," terangnya.
(fik)

View the original article here

Cara Mengatasi Benjolan pada Miss V

WANITA yang sehat ialah mereka yang bisa menjaga kesehatan organ intimnya. Namun karena satu atau lain hal, masalah seperti bau yang tidak sedap, pendarahan, infeksi jamur dan benjolan pada Miss V, sulit untuk bisa dihindari.

Namun tidak usah cepat cemas, sebab di bawah ini kami berikan cara untuk mengatasinya. Berikut ulasan lengkapnya seperti dilansir Healthmeup.

- Anda tidak harus panik jika Anda menemukan sebuah benjolan dalam Mis V. Pasalnya, kondisi itu bisa jadi karena rambut yang tumbuh ke bagian dalam atau kista yang tidak berbahaya. Sementara cara mengatasinya, Anda bisa menempatkan krim hidrokortison pada bagian yang mengalami peradangan. Atau Anda juga bisa mengompres dengan air hangat untuk mengobati banjolan di vagina. Jika masalah tidak hilang-hilang, disarankan segera untuk mengunjungi ginekolog.

- Bau yang tak sedap pada Miss V banyak penyebabnya, terpenting, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti. Bau yang tak sedap akibat keputihan bisa diciptakan bakteri vaginosis atau trikomoniasis. Untuk mengobatinya, dokter akan meresepkan antibiotik yang bisa mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, bekas kondom yang terjebak pada organ intim wanita juga bisa menjadi penyebab munculnya bau tak sedap pada Miss V.

- Jika Anda mengalami pendarahan selain karena menstruasi, itu mungkin disebabkan polip pada leher rahim, atau infeksi. Selain itu, pendarahan abnormal setelah berhubungan seksual juga bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual. Dalam kondisi seperti itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya untuk memeriksa apakah Anda terkena Gonore atau klamidi. Di samping itu, pendarahan juga bisa muncul karena hubungan seks yang kasar. Oleh karenanya, Anda tidak perlu cepat cemas jika mengalami pendarahan pada Miss V.

- Muncul rasa gatal terus menerus disertai keputihan bisa disebabkan infeksi jamur. Selain itu, rasa gatal juga bisa disebabkan karena faktor tidak menjaga kesehatan organ intim, sabun dan deterjen yang digunakan untuk mencuci celan bisa jadi penyebabnya. (fik) (nsa)


View the original article here

Waspadai Penyakit Kronis saat Mudik

MUDIK merupakan budaya bagi masyarakat Indonesia, khususnya jelang lebaran. Tujuan utamanya, tentu bisa silaturahmi dengan keluarga besar ataupun kerabat.

Namun selama pulang ke kampung halaman, para pemudik juga punya risiko terkait masalah kesehatan. Misalnya saja seperti kekambuhan dari penyakit kronis yang pernah dialami. Hal inipun seperti yang diungkapkan Dr.dr. H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB, FINASIM,FACP.

“Berbagai penyakit kronik umumnya cenderung akan mengalami kekambuhan saat mudik. Perjalanan mudik biasanya tidak bisa diprediksi waktu tempuhnya. Sehingga kondisi yang tidak menentu ini bisa mencetuskan berbagai penyakit  kronis. Kondisi lelah dan waktu yang tidak jelas untuk sampai di tempat tujuan apalagi disertai kondisi stress selama perjalanan akan menyebabkan kambuhnya penyakit kronik,” ujarnya melalui rilis yang diterima Okezone, belum lama ini.

Lebih lanjut, praktisi kesehatan itu mencontohkan bahwa pasien hipertensi juga bisa berisiko kambuh selama mudik. Begitupula dengan penderita diabetes ataupun penyakit lain. Karenanya, penting bagi pemudik untuk mewaspadai berbagai penyakit kronik yang bisa saja kambuh selama pulang ke kampung halaman.

“Pasien dengan hipertensi bisa saja tekanan darahnya menjadi tidak terkontrol. Begitu pula pasien dengan kencing manis, pasien dengan  sakit maag, penyakit asma dan berbagai penyakit kronis lain. Belum lagi cuaca yang tidak menentu kadang hujan kadang panas juga merupakan faktor yang bisa memperburuk keadaan,” tutupnya. (fik)


View the original article here

Ini Suplemen Terbaik untuk Pelari

TERNYATA, suplemen yang suka dikonsumsi para penyuka olahraga lari tidak boleh asal. Ada kriteria khusus dalam memilih suplemen tersebut.
Menurut dr Hario Tilarso, spesialis kesehatan olahraga dari RS Premier Bintaro, suplemen yang tepat untuk pelari setidaknya berkhasiat mendongkrak daya tahan tubuh dan olah otot.
"Suplemen yang tepat itu ada vitamin C-nya. Ini berguna untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas pelari. Kemudian, vitamin B, mulai dari B6 sampai B12, untuk sebagai kontraksi otot," katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Namun demikian, suplemen yang dipilih harus disertai rekomendasi dokter. Menurutnya, setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda, dan akan berbeda juga kebutuhan suplemen yang perlu dikonsumsi.
“Makanya, perlu berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan suplemen yang tepat sesuai kondisi tubuh," tambahnya. (Baca: Manfaat Sehat Seks secara Fisik & Emosional)

Tak hanya itu, asupan cairan dalam tubuh saat berlari harus mencukupi. Ini untuk menjaga metabolisme dan stamina tubuh tetap bagus. Alhasil, mereka lancar saat melakukan olahraga lari. (Baca: Teh Manis Tak Baik Dikonsumsi saat Sahur)

"Pasokan air bagi pelari penting untuk menjadikan tubuh tetap dalam kondisi hidrasi. Sebaliknya, jika pelari mengalami dehidrasi, maka performa fisik bisa menurun, lemas, bahkan bisa jatuh pingsan," tutupnya. (Baca: Cara Mencegah Mr P Berbau Tak Sedap)
(fik)


View the original article here

Produktivitas Kerja Meningkat dengan Ini

SIAPA bilang berselancar web membuat karyawan jadi malas?. Nyatanya, berselancar web di tempat kerja bisa meningkatkan produktivitas.
Hal itu sesuai dengan penelitian terbaru yang dirilis Human Performance. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa pemakaian Workplace Internet Leisure Browsing (WILB ) dalam jangka pendek membuat karyawan lebih produktif.
WILB sendiri didefinisikan sebuah tindakan menggunakan internet perusahaan untuk keperluan pribadi selama jam kerja. Mulai dari menonton Youtube, membuka akun sosial media mereka, atau melakukan aktivitas lain diluar pekerjaan mereka.
Dalam hasil penelitian itu, rentang fokus seseorang perlahan menurun seiring berjalannya jam kerja.  Mengambil waktu istirahat untuk menjelajahi web agar lebih fokus lagi akan membuat Anda lebih produktif saat Anda kembali kerja.
Studi ini menyimpulkan, sebaiknya karyawan pengguna WILB tidak boleh hukum oleh atasan. Sebab dibalik kebiasaan WILB itu ada juga manfaatnya, yakni meningkatkan produktivitas. Demikian seperti dilansir Mensfitness.
(fik)

View the original article here

Rajin Lari, Minum Lebih Banyak Air

KUNCI penting saat berolahraga lari adalah mencukupi cairan yang dibutuhkan tubuh. Namun, berapa jumlah ideal yang harus dikonsumsi?
dr Hario Tilarso, spesialis kesehatan olahraga dari RS Premier Bintaro menegaskan, tidak ada angka khusus untuk jumlah kebutuhan air minum saat berlari. Kebutuhan air sebenarnya tergantung dari jarak lari yang diambil dan keluarnya keringat.

"Bagi orang yang rajin olahraga, kan pasti keringat yang keluar lebih banyak dibanding pemula karena faktor metabolisme. Nah, yang rajin lari ini minumnya harus lebih banyak," katanya di Jakarta, baru-baru ini. (Baca: Manfaat Sehat Seks secara Fisik & Emosional)

Sementara itu, jarak juga bisa dijadikan patokan seberapa banyak air yang harus dikonsumsi. Jika jarak yang ditempuh untuk berlari sangat jauh, maka seseorang harus mengonsumsi air lebih. (Baca: Teh Manis Tak Baik Dikonsumsi saat Sahur)

" Kebutuhan orang berbeda-beda. Jika jarak larinya jauh, pelari harus meminum banyak air," simpulnya. (Baca: Cara Mencegah Mr P Berbau Tak Sedap) (fik)


View the original article here

Rabu, 30 Juli 2014

Gabung di Pusat Kebugaran Tentukan Indeks Prestasi Sekolah

PERCAYA atau tidak, bergabung dengan gym membantu Anda mendapatkan nilai sekolah yang lebih baik. Kok bisa?
Penelitian yang diterbitkan dalam Recreational Sports Journal menemukan, mahasiswa yang memiliki keanggotaan gym bisa memertahankan IPK lebih tinggi, daripada mereka tidak bergabung.
James Pivarnik, seorang profesor kinesiologi dan epidemiologi di MSU, menemukan bahwa anggota yang tergabung dalam sebuah gym bisa memertahankan IPK rata-rata 13 poin lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak nge-gym--saat dua tahun pertamanya kuliah.
"Perbedaan hasil IPK (Indeks prestasi kumulatif) itu bisa membuat mereka masuk ke dalam pasca sarjana, atau bahkan lebih berkembang di tahun akademik yang baru," kata Pivarnik seperti dilansir Mensfitness.
Nilai dan otot yang bagus bukanlah satu-satunya manfaat yang diterima dari siswa yang bergabung dengan tempat gym, tambah Pivarnik. Pivarnik menemukan  bahwa siswa yang menyempat pergi ke gym bisa lanjut ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.
"Hasil penelitian merekomendasikan bahwa universitas yang ingin memiliki siswa yang nilai tinggi bisa menyediakan fasilitas kebugaran yang memadai untuk siswanya," terangnya. (Baca: SDM Berkualitas Dimulai Sejak Kandungan)

Selain itu, penelitian tersebut juga menemukan bahwa siswa yang memiliki dan sering memakai kartu perpustakaan termasuk pandai dan memiliki nilai akademik yang tinggi.
(fik)

View the original article here

Kelamaan Naik Motor Bikin Miss V Mati Rasa

SEBAGIAN besar kaum hawa pasti pernah mengalami masalah pada organ intim. Misalnya saja menstruasi yang tidak teratur dan keputihan. Akan tetapi, jika kondisi itu tidak kunjung sembuh, segera mendatangi ginekolog.

Bukan hanya itu, masih ada hal yang perlu diwaspadai wanita. Mau tahu?

Simaklah beberapa masalah yang sering terjadi pada organ intim wanita, dan cara mengatasinya. Berikut ulasan lengkapnya seperti dilansir Healthmeup.

- Keputihan pada Miss V yang muncul setiap bulan ialah hal yang lumrah. Karenanya jangan pernah langsung panik. Akan tetapi, jika tekstur keputihannya sangat kental disertai bau yang sering berubah, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

- Jika Anda merasa muncul rasa sakit pada Miss V saat kencing atau saat bercinta, itu bisa jadi  karena PMS (penyakit menular seksual). Namun, jika keluhan ini terjadi hanya sesekali, dokter menyarankan untuk menggunakan pelumas sebelum saat bercinta. Fungsinya, agar organ intim tidak mengalami kekeringan.

- Bagi Anda orang yang suka berolahraga sepeda dalam ruangan, atau naik motor berjam-jam,  itu bisa membuat organ intim mengalami mati rasa. Karenanya, gantilah dengan jok yang lebih empuk agar Anda  bisa menghindari rasa sakit atau mati rasa pada Miss V.

- Kekeringan pada Miss V bisa menyebabkan rasa gatal, panas, dan nyeri. Untuk itu, gunakanlah pelumas pada bagian yang perlu diberikan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah terapi estrogen yang  bisa membantu memecahkan masalah kekeringan pada organ intim.

- Rasa sakit yang Miss V bagian dalam bisa dikarenakan kista pada bagian ovarium. Untuk mengetahui penyebab pasti kondisi itu, Anda bisa melakukan pemeriksaan panggul dengan datang ke ginekolog. (fik)

(nsa)


View the original article here

101 Fakta si 'Tuan Gigi' (4-Habis)

BANYAK hal yang harus diketahui orangtua tentang gigi anak. Apalagi anak-anak seringkali menghadapi masalah yang terkait dengan kesehatan gigi. 

Dr. Eva Fauziah, drg., SpKGA, Staf Pengajar Departemen Kedokteran Gigi Anak FKGUI Salemba Jakarta, akan membantu menjawab pertanyaan yang sering diutarakan seputar gigi geligi si malaikat kecil

T : Apakah normal bayi lahir sudah ada giginya?

J : Bayi yang sudah memiliki gigi (gigi natal) saat lahir termasuk ke dalam suatu proses kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi. Gigi tersebut lebih sering muncul pada bagian depan atas atau bawah, jarang sekali ditemukan pada bagian belakang. Jumlah yang sering muncul adalah satu gigi. Namun ada juga bayi yang memiliki 2 natal teeth. Selain itu ada juga erupsi/muncul gigi dini yang terjadi baru pada bulan pertama setelah kelahiran (gigi neonatal). Pada bayi yang mengalami natal dan neonatal teeth, belum tentu bayi mengalami gejala sakit tumbuh gigi. Namun pada saat melakukan gerakan mengisap puting atau dot kadang sangat mengganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada bayi. Sehingga penanganan yang harus dilakukan yaitu menyingkirkan gigi natal/neonatal tersebut. Jika tidak mengganggu, maka akan dibiarkan dan dilakukan observasi.


T : Apakah pemberian antibiotik yang terlalu sering dapat menimbulkan warna kuning pada gigi bayi?


J : Tetrasiklin merupakan salah satu jenis antibiotik yang dapat menyebabkan gigi berwarna kuning.
Tetrasiklin adalah jenis antibiotik dengan spektrum anti bakteri luas, sehingga dengan menggunakan obat ini cukup banyak bakteri yang dapat dihilangkan. Saat ini, obat tersebut sudah jarang diberikan terutama pada BuMil dan anak-anak. Kelainan yang timbul dari obat ini yaitu warna gigi menjadi kuning kecokelatan sampai biru keabu-abuan. Hal ini terjadi karena terbentuknya ikatan antara zat yang terdapat pada tetrasiklin dengan komponen gigi yang akan membentuk senyawa tertentu sehingga timbul warna kecoklatan pada gigi. Kelainan warna pada gigi akibat konsumsi tetrasiklin pada BuMil dimulai dari 4 bulan usia kehamilan, saat menyusui, dan anak usia kurang dari 8 tahun. Karena pada masa-masa tersebut mulai terjadi pembentukan gigi tetap. 


T : Hal apa saja yang perlu diperhatikan agar pertumbuhan gigi bayi sehat, bagus, dan rapi?


J : Gigi yang sehat, bagus, dan rapi pada bayi yaitu gigi yang bebas dari karies/lubang dan memiliki jaringan pendukung gigi/jaringan gusi yang sehat. Untuk gigi susu sebaiknya memiliki space antara gigi. Hal ini dikarenakan gigi penggantinya nanti (gigi tetap) memiliki besar 2 kali dari gigi sulung. Sehingga space tersebut untuk tempat gigi tetap penggantinya. Apabila gigi geligi susunya rapat, tidak ada ruang, kemungkinan gigi tetap penggantinya akan crowding/berantakan atau bertumpuk. l
(fik)


View the original article here

Penderita Asma Boleh Olahraga Lari, Kok

KATA siapa orang yang menderita asma tidak boleh berolahraga lari? Nyatanya, mereka juga boleh melakukan olahraga tersebut
Dijelaskan dr Hario Tilarso, spesialis kesehatan olahraga RS Premier Bintaro, anggapan masyarakat bahwa penderita asma tidak boleh berlari, sepenuhnya keliru. Menurutnya, lari justru bisa memudahkan mereka untuk bernapas. (Baca: Teh Manis Tak Baik Dikonsumsi saat Sahur)

"Lari bikin otot pernapasan jadi kuat. Mereka (penderita asma-red) juga akan lebih mudah bernapas. Jadi, memang penderita asma boleh ikut melakukan olahraga lari," katanya di Jakarta, baru-baru ini. (Baca: Cara Mencegah Mr P Berbau Tak Sedap)

Meski begitu, lanjut dr Hario, mereka tidak boleh asal lari begitu saja. Olahraga lari bagi penderita asma, harus disertai rekomendasi dokter. (Baca: Manfaat Sehat Seks Secara Fisik & Emosional)

"Dokter akan memberitatahu bagaimana cara lari yang benar, dan berapa lama lari yang boleh dilakukan. Itu semua juga harus ada pembimbingnya untuk memonitor kita. Dan, semua informasi itu didapat dari dokter," tutupnya.

(fik)


View the original article here

Lari Menyehatkan asal Tidak Berlebihan

OLAHRAGA lari memang sudah dikenal memberi banyak manfaat kesehatan pada pelakunya. Asalkan, jika olahraga lari tidak dilakukan berlebihan
dr Hario Tilarso, spesialis kesehatan olahraga dari RS Premier Bintaro menjelaskan, memaksa tubuh untuk meraup keuntungan dari berlari ialah pandangan yang keliru.
"Kalau kita dari pagi ke malam sudah bekerja, terus ngotot berolahraga lari biar sehat, itu malah bisa membahayakan tubuhnya. Efeknya apa saja? Bisa pingsan karena kehabisan tenaga, bisa juga serangan jantung akibat jantung 'kaget' mendadak diforsir," katanya pada media gathering NUTRILITE 80 Tahun di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut, dr Hario mencontohkan bahwa atlet lari juga sudah terukur untuk melakukan olahraga tersebut. Misalnya saja, dari segi frekuensi latihan.  (Baca: Teh Manis Tak Baik Dikonsumsi saat Sahur)

"Intinya semua olahraga, sekalipun atlet, ada 'dosis' latihannya sendiri. Pembimbingnya masih sudah mengukur ketahanan tubuh si atlet, bukan asal. Yang ada badan bisa jebol (jatuh sakit-red). Dan, ini juga berlaku bagi mereka yang belum terbiasa berlari, tapi berlebihan saat berlari," tegasnya. . (Baca: Manfaat Sehat Seks Secara Fisik & Emosional)

Lantas apa patokan olahraga lari sudah berlebihan? Menurutnya, semua orang punya batasan daya tahan tubuh sendiri. Sebagai gambaran, di lengannya para atlet suka menempelkan pencatat denyut nadi. Mereka sebelumnya sudah dikasih tahu pelatihnya tentang batasan kekuatan yang bisa dilakukan. (Baca: Cara Mencegah Mr P Berbau Tak Sedap)
“Anggaplah 140, ketika mereka berlari denyutnya sudah 140, berarti intensitas larinya harus diturunkan. Kalau saat dicek masih 130, berarti masih 'aman', dan masih boleh lanjut lari," tutupnya.
(fik)


View the original article here

Persiapan Lari agar Tidak Cedera

BAGI pelari pemula, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan lari tanpa persiapan. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan?
dr Hario Tilarso, spesialis kesehatan olahraga dari RS Premier Bintaro menjelaskan bahwa mereka harus berlari setahap demi setahap. Dengan kata lain, tidak boleh langsung mengambil jarak lari yang jauh.

"Lakukan semampunya dulu, jangan maksa, jangan langsung mau lari 5 km kalau baru berlari. Sebab, tubuh butuh adaptasi tahap demi tahap dan tidak bisa langsung diforsir," katanya di Jakarta, baru-baru ini.

"Misalnya, lari awal cuma bisa 15 menit dan dapat sekian ratusan meter. Besoknya begitu lagi. Misalnya, badan sudah nyaman pada jarak itu, barulah boleh ditambah," imbuhnya.  (Baca: Teh Manis Tak Baik Dikonsumsi saat Sahur)

Selain itu, olahraga lari juga harus ditunjang dengan kelengkapan keamanan. Hal ini bertujuan untuk menjauhkan risiko cedera dan memaksimalkan manfaat kesehatan yang ditawarkan dalam olahraga lari. (Baca: Manfaat Sehat Seks Secara Fisik & Emosional)

"Sepatu yang pas dan nyaman, pemanasan sebelum berlari, setidaknya inilah yang harus dilakukan pelari pemula saat ingin berlari," pungkasnya. (Baca: Cara Mencegah Mr P Berbau Tak Sedap)
(fik)


View the original article here

Selasa, 29 Juli 2014

Penggunaan Kontrasepsi Jangka Panjang Bermasalah?

HINGGA saat ini, program keluarga berencana (KB) masih diyakini menjadi cara yang paling efektif untuk menekan laju pertumbuhan penduduk. Salah satu upaya yang dilakukan di dalamnya yakni penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Meski upaya tersebut sudah dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), nyatanya Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012 TFR (Total Fertility Rate) atau total rata-rata kelahiran hidup yang ditargetkan sebesar 2,1 anak per wanita, kini masih pada angka 2,6.

Menurut Dewan Penasihat Ikatan Praktisi dan Ahli Demografi Indonesia, Prof. Sri Moertiningsih Adioetomo, SE, MA, PhD, salah satu yang harus dilakukan adalah meningkatkan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Namun, langkah tersebut bukan tidak mungkin juga akan menemui hambatan dalam pelaksanaannya di lapangan, mengapa?

"Kalau kita ingin menaikan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) tidak banyak bidan yang mempunyai kompetensi contraseptif technology update (CTU)," katanya pada diskusi media bertema "Menebak Arag Program KKBPK Pasca Pilpres 2014" di Kantor BKKBN, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Jumat 18 Juli 2014.

Artinya, seorang bidan harus ketika melakukan pemasangan alat kontrasepsi IUD (Intra Uterine Device) sudah harus tersertifikasi. Kompetensi dan sertifikasi seorang bidan tentu dapat diperoleh melalui pembinaan dan latihan. (Baca: Kehamilan Tak Diinginkan Pengaruhi Kualitas SDM)

"Jadi, meningkatkan MKJP itu dengan pemasangan IUD, yakni alat kontrasepsi  dan implan yang lebih mutakhir. Tetapi, hal tersebut tetap harus ada sertifikasi, nah ini training-nya juga bermasalah," tutupnya. (fik)


View the original article here

Performa Seks Menurun, Atasi dengan Ini

MEMASUKI umur diatas 30 dan 40-an performa fisik perlahan menurun. Bahkan, seringkali hal inipun juga memengaruhi aktivitas seksual seseorang.
Meski begitu, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut ulasan menarik seperti dilansir Menshealth.


Menjaga fungsi tubuh tetap baik
Aspek penting tetap kuat saat bercinta diusia tua ialah memastikan anggota fungsi tubuh bekerja dengan baik. Agar ereksi tahan lama, pastikan untuk menjaga berat badan tetap ideal dan berhenti merokok. Sebuah studi tahun 2011 yang dirilis European Journal of Endocrinology menemukan, semakin besar pinggang pria, maka kesempatan untuk mengalami disfungsi ereksi lebih tinggi. "Dan jika Anda sudah merasakan disfungsi seksual diumur yang relatif muda, merokok adalah penyebabnya," tegas Stephen Jones, M.D., F.A.C.S., Urolog dari Cleveland Clinic. (Baca: Cara Mencegah Mr P Berbau Tak Sedap)


Tetap percaya diri
Jangan panik jika Anda mulai mengalami disfungsi ereksi saat bangun pagi. Hal ini bisa saja disebabkan karena hormon testosteron. Apalagi biasanya, tingkat testosteron pria mulai menurun saat umurnya sudah di angka 30 dan 40-an, dan pertahunnya kehilangan sekira dua persen hormon testosteron.
"Jika secara teratur Anda merasa mengalami masalah ereksi, itu bisa menyebabkan hilangnya rasa percaya diri bercinta. Tapi tetaplah percaya diri, karena jika hal itu Anda terlalu pikirkan akan bisa menurunkan kehidupan seksual Anda," kata McCarthy, seorang profesor psikologi di Universitas Amerika dan penulis Kesehatan Seksual Pria. (Baca: Manfaat Sehat Seks Secara Fisik & Emosional)


Fokuslah pada sentuhan dan keintiman
Seks yang menakjubkan tidak selalu diidentikan sukses membuat lawan pasangan ejakulasi atau bisa merasakan ejakulasi. Tetapi tentang perasaan bahagia dan bersenang-senang menikmati kebersamaan. Semakin Anda mengetahui hal ini, kualitas seks atas akan tetap baik.
"Akan ada satu titik saat Anda sulit mencapai orgasme, tetapi Anda selalu bisa memiliki waktu yang menyenangkan untuk dihabiskan bersama-sama dengan lawan pasangan Anda. Dan fokus saja pada kebersamaan yang terjalin itu," terangnya kata Eric Marlowe Garrison, konselor seks dan penulis Mastering Multiple Position Sex.
(fik)

View the original article here

Makanan Organik Lebih Sehat dari Non-organik

PERDEBATAN antara makanan organik dan makanan non-organik selesai. Faktanya, makanan organik merupakan makanan yang paling sehat dibanding non-organik.
Dalam penelitian yang diterbitkan British Journal of Nutrition, tanaman organik mengandung lebih banyak antioksidan dan lebih sedikit residu pestisida. Untuk mendapatkan hasil itu, para ilmuwan memeriksa 343 publikasi hasil penelitian. Mereka membandingkan kualitas gizi dan keamanan makanan antara nabati organik dan makanan konvensional atau non-organik. Agar lebih valid hasilnya, hampir semua tanaman yang diteliti ditanam di area dan tanah yang sama.
Para peneliti juga menemukan bahwa makanan organik mengurangi paparan terhadap bahan kimia pertanian sebanyak hampir 50%. Sementara tanaman konvensional tiga sampai empat kali lebih mungkin terpapar residu pestisida. Di mana paparan ini sudah dikaitkan dengan cacat lahir, kerusakan saraf, dan beberapa jenis kanker. Demikian seperti dilansir Mensfitness. (Baca: SDM Berkualitas Dimulai Sejak Dalam Kandungan)
Tak sampai disitu, kelebihan dari makanan organik tidak hanya memotong paparan bahan kimia berbahaya saja. Tetapi juga bisa meningkatkan status gizi dalam tubuh seseorang.  Penelitian sudah mengatakan, dengan beralih ke pola makan organik, seseorang akan mengalami 20 sampai 40% peningkatan konsumsi antioksidan dan polifenol (setara dengan menambahkan dua porsi tambahan buah atau sayuran perhari).
(fik)

View the original article here

101 Fakta si 'Tuan Gigi' (3)

ADA beberapa hal yang perlu diketahui orangtua terkait kesehatan gigi anak. Apa saja?

Dr. Eva Fauziah, drg., SpKGA, Staf Pengajar Departemen Kedokteran Gigi Anak FKGUI Salemba Jakarta, akan membantu menjawab pertanyaan yang sering diutarakan seputar gigi geligi si malaikat kecil.

T : Perlukah gigi bayi disikat?

J : Bila gigi susu bayi sudah muncul, perlu segera dilakukan pembersihan. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan sikat gigi khusus bayi (terbuat dari karet) atau kasa basah yang dililitkan pada ujung jari.

T : Bagaimana menyikat gigi bayi yang benar?

J : Pada bayi yang belum dapat berkumur dengan baik, sebaiknya tidak menggunakan pasta gigi. Cukup menggunakan sikat gigi khusus bayi (dari karet) atau kasa bersih yang dicelupkan ke dalam air hangat. Posisikan bayi duduk di pangkuan. Pembersihan harus dilakukan pada seluruh permukaan dengan arah vertikal maupun horisontal. Sela-sela gigi geligi pun harus dibersihkan.

T: Bagaimana cara membersihkan gusi bayi yang belum tumbuh gigi?

J: Walaupun belum tumbuh gigi, pembersihan rongga mulut – pada gusi dan lidah -harus tetap dilakukan. Yakni saat bayi selesai menyusu dan sebelum tidur pada malam hari. Perlu diingat, ketika menyusu, sisa susu akan menempel di lidah bayi dimana bila tidak dibersihkan, bakteri pada lidah akan semakin menumpuk. Tanda-tandanya, ada bercak-bercak putih atau sariawan di lidah. Bila dibiarkan dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman dan sakit pada daerah rongga mulut. Cara membersihkannya sama seperti membersihkan gigi, yaitu menggunakan potongan kain kasa atau kain steril yang lembut.

T: Jenis makanan apa yang memaksimalkan pertumbuhan gigi bayi?

J: Untuk memaksimalkan pertumbuhan gigi yang dimulai sejak 4 minggu dalam kandungan maka makanan yang dikonsumsi BuMil harus mengandung karbohidrat,  protein, mineral, vitamin, lemak dan air yang cukup. Sementara untuk merangsang proses erupsi atau munculnya gigi susu, si kecil harus makan makanan bergizi yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, lemak dan air.

T : Apakah makanan bayi yang bertekstur kasar dapat merangsang tumbuhnya gigi?

J : Ya. Karena makanan kasar akan menstimulasi anak untuk melakukan gerakan mengunyah. Dengan proses mengunyah yang terus menerus akan merangsang pembukaan gingival/gusi sehingga terjadi proses munculnya gigi keluar dari gingival/gusi.  
(fik)


View the original article here

Puncak Performa Seksual Pria

BERAPA umur Anda sekarang? Jika Anda sudah lebih dari 30 tahun, berikut ini mungkin ada kabar buruk untuk Anda. Penelitian terbaru  dari Journal of Sexual Medicine, menemukan, puncak dari performa seks pria dewasa itu terjadi antara usia 25 tahun sampai 29 tahun.
Hasil penelitian tersebut mengatakan frekuensi hubungan seks menurun tajam pada usia 50 tahun, dengan rata-rata 1,22 kali perpekan. Jumlah itu sangat kecil jika dibandingkan dengan orang yang berada diumur 20-an, dimana mereka berhubungan seks sekira tiga kali perpekan.
"Lantas, apakah itu berarti setelah umur 30-an performa seksual pasti menurun? Jawabannya adalah tidak. Pasalnya, menurut Stephen Jones, M.D., F.A.C.S, Urolog dari Cleveland Clinic seperti dilansir Menshealth,
Secara fisik dan mental lebih disebabkan karena kekuatan hubungan dengan pasangan. Hanya saja memang, saat umur bertambah ada faktor lain yang menghambat kesehatan seksual kita. (Baca: Manfaat Sehat Seks Secara Fisik & Emosional)
"Penambahan berat badan, kesehatan menurun, stres meningkat dan keintiman menurun, inilah faktor yang akhirnya membuat frekuensi hubungan seks pasangan menurun," simpul Stephen. (Baca: Cara Mencegah Mr P Berbau Tak Sedap)
(fik)

View the original article here

Bolehkah Kaki Langsung Ditekuk Usai Lari?

BAGI sejumlah orang, menekuk kaki setelah berlari pantang dilakukan. Mereka menganggap kebiasaan tersebut bisa menghambat peredaran darah pada sehingga menyebabkan varises.
Namun, menurut dr Hario Tilarso, spesialis kesehatan olahraga dari RS Premiere Bintaro, menekuk kaki setelah berlari sebenarnya tidak masalah. Terpenting, pelari lebih dulu melakukan pendinginan.

"Stretching usai berlari itu sangat perlu. Otot di seluruh tubuh sudah capek biasanya, stretching ini berfungsi membuang sisa pembakaran," katanya di Jakarta, baru-baru ini. (Baca: Gula Darah Terkendali saat Lebaran, Patuhi Prinsip ''3J'')

Selain itu, cairan tubuh selama berlari juga tidak kalah untuk dicukupi. Menurut dr Hario, bugar atau tidaknya seseorang ditopang dari seberapa hidrasi saat berlari. (Baca: Cara Mencegah Mr P Berbau Tak Sedap)

"Kalau orang sudah biasa berlari, minumnya harus lebih banyak karena metabolisme tubuhnya memudahkannya mengeluarkan keringat. Minuman ini sendiri bisa dari air mineral sampai isotonik atau elektrolit, boleh-boleh saja. Sementara, orang yang belum terbiasa, minumnya tidak sebanyak orang yang sering berlari," simpulnya. (Baca: Manfaat Sehat Seks Secara Fisik & Emosional)
(fik)


View the original article here

Senin, 28 Juli 2014

Inilah Penyebab Mimpi Buruk

BISA tidur nyenyak saat tidur malam ialah kunci dari tubuh yang sehat. Sayangnya, tak sedikit yang mengalami sulit tidur, bahkan mengalami mimpi buruk.
Mimpi buruk sendiri adalah episode ketakutan ekstrem saat kita sedang tidur. Saat pasien mengalaminya, sering mereka mendadak bercucuran keringat atau berteriak dalam beberapa detik. Mimpi buruk biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak. Akan tetapi, mimpi buruk juga bisa dialami dewasa, termasuk yang sudah berkeluarga. (Baca: Manfaat Sehat Seks Secara Fisik & Emosional)
Melihat kenyataan itu, sebenarnya apa penyebab dari mimpi buruk? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah ulasan di bawah ini, seperti dilansir Foxnews, Jumat, (18/7/2014)
- Kurang tidur dan kelelahan (Baca: Cara Mencegah Mr P Berbau Tak Sedap)
- Stres dan kecemasan
- Masalah pernapasan seperti sleep apnea
- Efek lingkungan yang kondusif, seperti cahaya lampur kamar yang terlalu terang dan berisik
- Demam tinggi
- Migrain
- Luka pada kepala
Terkait penjelasan di atas, beberapa orang dewasa yang mengalami tidur buruk mungkin punya riwayat depresi atau kecemasan. Oleh karenanya, jalan terbaik ialah berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi penyebab utama. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi itu. Ulasannya sebagai berikut:
- Terapi perilaku kognitif
- Hypnosis


- Biofeedback   
- Meditasi
(fik)

View the original article here

Cukup Minum Tak Hanya Cegah Dehidrasi

KONSUMSI air putih memang sangat penting agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu, konsumsi air putih juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat dari minum air putih cukup setiap hari, seperti dikutip Boldsky, Jumat (18/7/2014).

Detoksifikasi

Tubuh harus mengeluarkan racun dari bahan aditif buatan, makanan olahan dan lemak setiap hari. Ketika Anda minum air, racun memerah keluar melalui urine dan pergerakan usus.

Meningkatkan fungsi pencernaan

Sistem pencernaan menjadi lamban dan tidak mampu memperbaiki kinerjanya sendiri jika tidak banyak minum air. Salah satu manfaat dari minum banyak air adalah sistem pencernaan tidak akan pernah tersumbat.

Mengurangi keinginan untuk makan

Konsumsi makanan yang tidak sehat sangat mungkin dalam keseharian. Namun, banyak mengonsumsi air dapat mencegah Anda terlalu banyak mengasup makanan tidak sehat, seperti makanan manis, asin dan berlemak.

Menurunkan berat badan

Minum air dapat membantu menurunkan berat badan. Pada awalnya, tubuh akan kembali ke bentuk normal setelah berat badan turun. Namun, karena pencernaan lancar dengan minum air, maka akhirnya akan membantu menurunkan berat badan. (fik)


View the original article here

Turunkan Tekanan Darah, Makan Saja ini

MAKANAN dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari dapat memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Misalnya, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat menurunkan tekanan darah.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, seperti dikutip Newsmaxhealth, Jumat (18/7/2014).

Oatmeal

Salah satu manfaat makan oatmeal adalah menurunkan kolesterol. Untuk memperoleh manfaat yang lebih baik dari makan oatmeal, usahakan memasaknya sendiri, jangan membuatnya dalam bentuk instan.

Teh

Minum teh membantu kinerja fungsi jantung lebih efisien. Selain itu, teh mengandung flavanoid yang disebut proantosianidin yang membuat pembuluh darah stabil.

Asparagus

Asparagus kaya kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, asparagus merupakan diuretik alami yang membantu mengurangi tekanan darah.

Yogurt tanpa lemak

Yogurt tanpa lemak dapat mengurangi tekanan darah. Dalam penelitian yang dipresentasikan di konferensi AHA, peneliti meneliti lebih dari 14.000 orang dewasa selama 14 tahun. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa makan yogurt tanpa lemak memiliki 31 persen risiko lebih rendah untuk mengembangkan tekanan darah tinggi.  
(fik)


View the original article here

Penyakit-Penyakit Kronis Muncul Akibat Stres Kronis

JANGAN pernah sepelekan stres yang datang. Pasalnya, stres berkepanjangan bisa mengantarkan pada risiko berbagai penyakit kornis.

Berikut beberapa penyakit kronis yang muncul akibat Anda menderita stres kronis, seperti dilansir Boldsky, Jumat (18/7/2014).

Hipertensi

Saat stres terjadi peningkatan pada adrenalin yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Ketika hal ini sering terjadi, maka tekanan darah akan meningkat secara permanen. Untuk diketahui, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke dan gagal jantung.

Penyakit jantung

Stres dapat mengakibatkan jantung bekerja lebih keras. Stres yang kronis bisa meningkatkan denyut jantung seperti dampak dari merokok.

Diabetes

Stres dapat memengaruhi kadar glukosa di dalam darah. Ketika stres terjadi secara teratur, maka seseorang sangat berisiko terkena penyakit diabetes. Ini merupakan salah satu dampak stres yang sering terabaikan. (fik)


View the original article here

Suhu Kamar Tidur Bantu Turunkan Berat Badan

BILA Anda sedang berupaya menurunkan berat badan, maka tidak cukup dengan berolahraga atau diet. Mulai sekarang, Anda harus memerhatikan suhu ruangan di kamar tidur bila ingin menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang dipublikasikan the journal Diabetes menemukan bahwa suhu kamar yang tetap dingin, dapat menstimulasi tubuh memproduksi lebih banyak lemak baik. Lemak baik lah yang membakar lemak jahat. Di sisi lain, suhu ruangan yang hangat dapat mengurangi lemak baik di dalam tubuh.

Lebih lanjut, para peneliti meminta peserta dengan kondisi sehat untuk mengonsumsi makanan berkalori secara terkontrol. Kemudian, mereka diminta tidur di ruangan dengan iklim yang sudah diatur sedemikian rupa selama empat bulan.

Pada satu bulan pertama, suhu di kamar tidur peserta diatur pada angka 23 derajat Celsius. Angka tersebut dianggap masih dalam keadaan normal kemudian pada bulan kedua, suhu kamar tidur diturunkan menjadi 18 derajat Celsius. (Baca: Waktu Paling Tepat Minum Air Putih)

Sementara, pada bulan ketiga, suhu kamar tidur kembali ke 23 derajat Celsius. Untuk bulan keempat, suhu kamar tidur dinaikkan menjadi 27 derajat Celsius. Pada penelitian ini, setiap akhir bulan jumlah lemak baik di dalam tubuh peserta akan diukur oleh peneliti, seperti dikutip Newsmaxhealth, Jumat (18/7/2014).

Setelah tidur, pada 18 derajat Celsius selama satu bulan, penulis studi, S. Celi, mengatakan bahwa jumlah lemak baik pada laki-laki meningkat dua kali lipat. Karena itu, kalori mereka lebih banyak yang terbakar tapi gula darahnya meningkat. Namun, setelah tidur selama satu bulan pada suhu kamar tidur 27 derajat Celsius, para peserta hanya memiliki lemak baik sangat sedikit.

“Hanya dengan tidur di kamar bersuhu dingin para peserta memperoleh manfaat metabolik. Kelebihannya, mereka bisa menjaga berat badan yang akan mengurangi risiko masalah metabolisme, termasuk diabetes,” tutupnya. (fik)


View the original article here

Klimaks Bercinta Atasi Masuk Angin hingga Cegah Kanker

BAIK pria maupun wanita ketika berhubungan bercinta sama-sama ingin mencapai klimaks. Tetapi, mampu mencapai klimaks saat berhubungan seksual tidak hanya demi kepuasan, melainkan manfaat kesehatan.  
Tahukah Anda bila mencapai klimaks saat bercinta bermanfaat bagi kesehatan? Sexual health counselor, Alison Richardson, mengatakan bahwa mencapai klimaks saat berhubungan seksual dapat membantu mengatasi masalah masuk angin. (Baca: Manfaat Kesehatan Bercinta Setiap Hari)

"Berhubungan seks secara teratur meningkatkan antibodi imunoglobulin A yang dapat melindungi Anda dari masuk angin dengan menguatkan sistem kekebalan tubuh," katanya, sebagaimana dikutip Cosmcopolitan, Sabtu (18/7/2014),
Lebih dari itu, menurut psychologist dari Center for Marital and Sexual Health of South Florida, Dr Rachel Needle, mencapai klimaks saat berhubungan seksual juga dapat membantu wanita memerangi kanker payudara. Bagaimana berhubungan seksual dapat membantu mencegah kanker payudara?
"Oksitosin telah terbukti mencegah sel-sel kanker payudara berkembang menjadi tumor. Rangsangan pada payudara dan puting akan menghasilkan hormon oksitosin yang akan melawan sel kanker," jelas Dr Needle. (Baca: Empat Cara Alami Dongkrak Testosteron)

Lebih lanjut, Dr Needle mengatakan bahwa mencapai klimaks saat berhubungan seksual juga dapat mengatasi masalah kram karena tubuh didorong untuk menghasilkan hormon endorfin. Menurut Dr Needle, hormon endorfin berperan seperti morfin yang merupakan obat penghilang rasa nyeri.
"Pernahkah Anda mengalami sakit kepala atau kram menstruasi yang tiba-tiba menghilang setelah berhubungan seksual? Hal itu karena endorfin mengurangi rasa nyeri hingga sebesar 70 persen," tutupnya.
(fik)

View the original article here

Minggu, 27 Juli 2014

Mengapa Bercinta Menyehatkan Anda?

SEBAGIAN orang menganggap seks hanya untuk kesenangan. Tahukah Anda, bila berhubungan seksual juga mempunyai manfaat kesehatan?

Bila Anda belum mengetahui manfaat lain dari berhubungan seksual, Chief medical officer of BodyLogicMD, Jennifer Landa, MD mengutarakan beberapa alasan mengapa berhubungan seksual bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ulasannya, seperti dikutip dari Cosmcopolitan, Sabtu (18/7/2014).
Meningkatkan fungsi otak
Seks tidak hanya menyangkut kesenangan, melainkan meningkatkan fungsi dari otak. Hal ini karena berhubungan seksual meningkatkan kadar hormon dopamin yang meningkatkan daya ingat dan kinerjanya. (Baca: Empat Cara Alami Dongkrak Testosteron)


Membakar kalori
Anda sedang berupaya menurunkan berat badan, namun bosan dengan berolahraga? Bila iya, maka cobalah dengan bercinta. Faktanya, berhubungan seksual selama 30 menit akan membantu membakar lebih dari 150 kalori. Bahkan, berhubungan seksual selama 30 menit sama dengan berjalan satu mil di atas treadmil.


Mengurangi stres
Ketika berada dalam kondisi stres, semua orang khawatir hormon kortisol akan keluar. Hormon kortisol yang terlalu banyak di dalam darah dapat menyebabkan gula darah melonjak sehingga berat badan naik. Namun, Anda dapat meredakannya dengan berhubungan seksual. (Baca: Manfaat Kesehatan Bercinta Setiap Hari)
Membantu tidur lebih mudah
Anda mempunyai masalah sulit tidur di malam hari? Bila iya, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan cara yang menyenangkan, yaitu bercinta. Berhubungan seksual akan melepaskan hormon oksitosin yang membantu Anda tidur lebih mudah.
(fik)


View the original article here

Persalinan Lancar Berkat Belly Dance

SIAPA bilang belly dance tidak boleh dilakukan oleh bumil? Nyatanya, tarian asal Timur Tengah yang juga dikenal dengan sebutan tari perut ini tetap aman dilakukan.

Berikut manfaat yang didapat bumil dengan melakukan belly dance.

Melancarkan Proses Persalinan

Menurut dr Dian Indah Purnama, SpOG, dari RSU Bunda Margonda, Depok, belly dance adalah gerakan tarian yang banyak menggunakan otot-otot perut, pinggang, punggung, pinggul, dan kaki, terutama paha. Otot perut dan panggul paling berperan dalam proses persalinan. Dengan melatih otot-otot tersebut pada masa kehamilan, akan dapat memperlancar proses persalinan dan memudahkan ibu saat mengejan.

Juga, beberapa gerakan dalam belly dance secara alami bahkan dilakukan oleh para ibu yang sedang dalam proses persalinan, seperti gerakan memutar pinggul searah jarum jam dan figure of eight (pinggul digerakkan membentuk angka 8). Gerakan-gerakan tersebut dipercaya dapat membantu janin yang tadinya telentang dalam rahim ibu menjadi tengkurap (punggung janin mendekati dinding perut sang ibu) sehingga memudahkan persalinan.

Positif Image

Selain dapat melancarkan proses persalinan, belly dance bermanfaat untuk melatih keseimbangan bumil, mengurangi rasa tidak nyaman seperti nyeri di punggung, pinggang dan pinggul. Pun dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk relaksasi sehingga BuMil yang mengikuti belly dance cenderung merasakan aura positif terhadap tubuhnya (positif image). Sehingga bumil menjadi lebih fun dan terhindar dari stres.

Kapan Berlatih?

Karena gerakan-gerakan belly dance juga dapat menstimulasi otot-otot rahim, bumil dianjurkan mengikutinya setelah usia kandungan mendekati waktu persalinan (di atas 36 pekan). Ditemui tempat yang berbeda, hal senada diungkapkan oleh Rina Andriani Nasution, AMD, instruktur belly dance dari RS Royal Taruma.

“Belly dance bisa dilakukan bumil pada usia 7 bulan ke atas. Di bawah usia itu dikhawatirkan rentan, masih belum kuat. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi bumil untuk mengikuti belly dance saat usia kandungan di bawah 7 bulan, asalkan dalam kondisi sehat, prima, dan sudah berkonsultasi ke dokter, apakah benar-benar diperbolehkan ikut latihan belly dance atau tidak,” ujarnya.
(fik)


View the original article here

Stres Kronis Picu Sakit Kepala & Maag

HAMPIR semua orang berisiko mengalami stres karena tekanan pekerjaan ataupun masalah pribadi. Hal ini tentu tidak boleh diabaikan begitu saja.

Stres yang datang berulang bisa memperparah kondisi tubuh. Berikut beberapa masalah yang ditimbulkan akibat stres, sebagaimana dilansir Boldsky, Jumat (18/7/2014).

Sakit kepala

Stres dapat menyebabkan sakit kepala dan nyeri di punggung bawah, leher, dan bahu. Memang, tidak diketahui penyebab pastinya, tetapi para ahli mengatakan hal itu karena memengaruhi saraf atau perubahan di otak.

Kekebalan rendah

Pada masa stres, tubuh memroduksi kortisol dan corticoids. Ketika Anda mengalami stres kronis, hal tersebut akan membahayakan sistem kekebalan tubuh. Hal inilah yang menyebabkan tubuh menjadi rentan terhadap flu dan demam ketika Anda stres.

Masalah asam lambung dan radang usus

Adrenalin yang meningkat secara tiba-tiba menyebabkan produksi asam lambung berlebih dalam perut. Ketika stres sering terjadi, hal ini bisa memicu radang usus.

Masalah kulit

Stres dapat memicu hormon tubuh untuk memroduksi minyak secara berlebihan oleh kelenjar sebaceous. Minyak yang berlebihan pada kulit akan menyebabkan jerawat, ruam, dan alergi. (fik)


View the original article here

Ngemil Ubi Bantu Turunkan Tekanan Darah

JANGAN sepelekan jika tekanan darah Anda termasuk tinggi. Pasalnya, tekanan darah tinggi merupakan indikasi beberapa penyakit berat, termasuk jantung dan stroke.

Agar tekanan darah tetap stabil, Anda bisa menjaga perilaku dan menerapkan gaya hidup sehat. Terutama soal makanan yang dikonsumsi.

Salah satu makanan yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil adalah ubi. Meski umbi-umbian sering dicap sebagai makanan yang buruk bagi kesehatan, asupan ini sangat membantu menurunkan tekanan darah.

Ubi ungu dapat menurunkan tekanan darah karena kaya kalium dan magnesium. Sebuah studi dalam the Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan, 18 orang yang kelebihan berat badan dan memiliki tekanan darah tinggi mampu menguranginya dengan makan ubi.

Sebagaimana dikutip Newsmaxhealth, Jumat (18/7/2014), ubi bisa menurunkan tekanan darah jika Anda mengolahnya dengan cara memanggang, merebus, atau menggunakan microwave. Intinya, jika ingin mengonsumsi ubi menjadi kebiasaan yang menyehatkan, jangan pernah menggorengnya.

Penelitian ini juga menyebutkan ada cara lain yang bisa membuat mengonsumsi ubi jadi menyehatkan. Selain dipanggang atau direbus, tambahkan minyak zaitun dan rempah-rempah segar agar lebih menyehatkan. (fik)


View the original article here

Perut Buncit, Mungkin Anda Kena Hepatitis B

HEPATITIS B merupakan salah satu penyebab kanker hati yang harus dideteksi sejak dini. Apalagi, hepatitis B biasanya datang tanpa ada gejala yang dirasakan sebelumnya.

Konsultan Gastroenterohepatologi RSCM, dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH, mengatakan bahwa biasanya pasien datang pada tahap lanjut. Artinya, kebanyakan pasien hepatitis B datang karena gejala-gejala dari komplikasinya. Lalu, apa saja komplikasi dari hepatitis B?

“Kebanyakan matanya kuning kemudian penumpukan cairan di perut. Jadi, kayak hamil tetapi sebetulnya air yang ada di dalam perut,” katanya pada SOHO Global Health bertema “Hepatitis, Kenali dan Obati” di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

dr Irsan menambahkan, bila pasien hepatitis B sudah mengalami penumpukan cairan, perutnya akan terlihat sangat besar. Sehingga, pasien dianjurkan segera menyedot cairannya karena sudah sangat mengencang. (Baca: Hepatitis B & C Penyebab Kanker Hati)

“Biasanya pasien sekali dua minggu atau sekali sebulan disedot cairan di perutnya karena terisi cairan itu sendiri terus-menerus, komplikasi dari sirosisnya,” jelasnya.

Sementara, komplikasi lain yang mungkin terjadi akibat hepatitis B adalah pasien mengalami gangguan kesadaran. dr Irsan mengatakan bahwa gangguan kesadaran pada tahap ringan adalah kesulitan untuk tidur atau mudah lupa. Namun, gangguan pada tahap yang lebih berat, bisa sangat fatal bagi pasien.

“Pada tahap ringan, gangguan kesadaran misalnya sulit untuk tidur atau mudah lupa, tetapi pada tahap yang berat gangguan kesadaran bisa sampai koma,” tutupnya.  
(fik)


View the original article here

Lari Bakar Kalori Paling Banyak

LARI adalah olahraga yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Itu bisa terjadi karena olahraga ini membakar kalori lebih baik dibanding olahraga lainnya.
Dr Hario Tilarso, spesialis kesehatan olahraga dari RS Premiere Bintaro, menegaskan bahwa lari menempati posisi teratas dibanding olahraga lainnya dalam hal membakar kalori terbanyak. Hasil dari olahraga lari sangat baik untuk metabolisme dan stamina tubuh.
"Kalau kita urut dari atas, semua jenis olahraga, mau dari sepakbola, tenis, lari, dan lain-lain. Lari olahrga yang paling banyak membakar kalori lebih banyak. Semakin kencang larinya, semakin banyak pula kalori yang dibakar," katanya pada media gathering “NUTRILITE 80 Tahun” di Blooming Bar & Resto, Jakarta, Kamis (17/7/2014).
Namun demikian, mereka yang suka berolahraga lari harus berhati-hati saat melakukannya. Pasalnya, lari ialah jenis olahraga yang membuat banyak orang cedera.
"Karena lari itu memberi tekanan yang tinggi pada kaki, inilah yang harus diwaspadai orang-orang. Makanya, sebelum berolahraga dianjurkan harus mempersiapkan dulu. Pakai sepatu yang tepat, dan jangan lupa melakukan pemanasan," tutupnya.
(ren)

View the original article here

Sabtu, 26 Juli 2014

Malas Gerak saat Puasa Justru Tidak Sehat

PUASA bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Meski ketika puasa tubuh akan terasa lemas dan mengantuk, berdiam diri justru dinilai tidak menyehatkan.

Dokter dan ahli kebugaran, Dr Chandy George, dari Balance Wellbeing 360 mengatakan bahwa menjalani rutinitas dengan latihan ringan tetap diperlukan untuk menjaga tubuh aktif selama puasa. Biasanya, olahraga lebih ideal dilakukan setelah berbuka puasa.

“Kuncinya adalah mengonsumsi makanan ringan sebelum berolahraga pada pukul 21.00, yaitu setelah berbuka puasa,” katanya, seperti dikutip Gulfnews, Kamis (17/7/2014).

Lebih lanjut, Dr George menjelaskan bahwa pada hari biasa, olahraga pagi dapat membantu mendongkrak energi untuk menjalani sisa hari. Namun, berolahraga rutin pada bulan biasa tidak boleh dilakukan selama siklus puasa di bulan Ramadan. (Baca: Alasan Diabetesi "Haram" Puasa saat Gula Darah Tinggi)

“Hindari berolahraga pagi hari karena tubuh yang sedang berpuasa akan kelelahan setelah itu. Hal tersebut juga akan menyebabkan kerusakan otot dan meningkatkan dehidrasi,” jelasnya.

Lemak sendiri seperti bahan bakar utama metabolik bagi orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Namun, menurut Dr George, seharusnya membakar lemak tidak menjadi fokus utama selama Ramadan, melainkan cukup untuk metabolisme.

“Fokus utama selama Ramadan harus memaksimalkan metabolisme karena puasa akan membuatnya melambat sehingga harus tetap aktif,” tutupnya.  
(fik)


View the original article here

Bulan Imunisasi Anak Sekolah Wujudkan Siswa Sehat & Kuat

IMUNISASI adalah suatu tindakan memberikan kekebalan dengan cara memasukkan vaksin ke dalam tubuh. Karena itu, Pemerintah Kota Depok menggelar Rapat Koordinasi Unit Kesehatan Sekolah (UKS) persiapan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).  
Sebagai ujung tombak layanan kesehatan paling dasar, khususnya untuk anak-anak, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sudah diakui manfaatnya oleh masyarakat. Hal itu terbukti dari tingginya kesadaran para ibu untuk membawa anak-anak mereka ke Posyandu. Umumnya, anak yang rutin dibawa ke Posyandu memiliki status gizi lebih baik. 
Di Posyandu, anak-anak bukan hanya akan mendapatkan imunisasi, juga akan dipantau tumbuh kembangnya. Peran Posyandu sangat besar untuk mencegah gizi buruk dan gizi kurang. Kegiatan penimbangan yang dilakukan secara rutin bisa menemukan kasus-kasus gizi buruk dengan lebih cepat.
Rakor dihadiri oleh Wakil Wali Kota, Kepala Dinas Kesehatan, OPD, Kementerian Agama Kota Depok, UPT Pendidikan, UPT Kesehatan, dan Kepala Sekolah. Ketua Panitia Rakor, Wimbo Wasmoro, mengatakan bahwa rakor diadakan untuk merencanakan BIAS yang merupakan amanah TP UKS Provinsi Jawa Barat. Rakor ini sangat penting dengan harapan semua anak-anak dari SD kelas 1 hingga kelas 3 harus 100% ikut imunisasi demi masa depan bangsa yang sehat dan kuat.
“Semoga rakor ini menyatukan wawasan dan persepsi kita untuk melaksanakan pendidikan dan pelayanan kesehatan serta memilihara lingkungan yang sehat,” ujar Wimbo dalam sambutannya, Kamis (17/7/2014).
Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad mengatakan, UKS dilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan anak. Apabila fisik atau kesehatan terganggu, lanjutnya, maka anak-anak tidak bisa menerima pelajaran.
“Semoga rakor ini membuahkan langkah-langkah yang baik agar kita bisa memenuhi target yang belum tercapai. Semua itu terkait dengan kesadaran dan keseriusan kita bersama dalam menciptakan kesehatan untuk anak-anak. Ayo, kita galakkan UKS di kecamatan," tutupnya.
(fik)

View the original article here

1 Orang Tiap 30 Detik Meninggal karena Hepatitis B

HEPATITIS B dan C sering muncul tanpa disertai gejala. Kalaupun ada, bisanya penyakit sudah dalam tahap lanjut sehingga bisa sangat mematikan.

Konsultan Gastroenterohepatologi RSCM, dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH, mengatakan bahwa hepatitis B adalah penyebab utama dari penyakit kanker hati. Jenis kanker ini merupakan penyebab kematian nomor 2 setelah kanker paru-paru dalam hal mortalitas dan risiko meninggalnya.

“Dikatakan 2 miliar orang pernah terinfeksi hepatitis B, dan 450 juta hidup dengan hepatitis B kronik. Kemudian, 1 juta orang meninggal setiap tahun dan 1 orang meninggal setiap 30 detik karena hepatitis B,” katanya pada SOHO Global Health bertema “Hepatitis, Kenali dan Obati” di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

dr Irsan mengatakan, banyak orang tidak percaya bila sudah terinfeksi hepatitis B. Mereka merasa sehat-sehat saja, bahkan masih bekerja sampai malam dan kuat fisiknya. Meski begitu, hepatitis B tidak terlihat dari luar. Butuh pemeriksaan lebih lanjut, dalam hal ini tes darah untuk mengetahui seseorang terinfeksi hepatitis B.

“Sering kali pasien datang ke rumah sakit untuk melakukan skrining, biasanya dilakukan untuk sekolah bidan atau dokter kemudian hasilnya ternyata ada yang positif,” tuturnya. (Baca: Hepatitis B & C Penyebab Kanker Hati)

Selain itu, hepatitis B juga bisa menimbulkan progresi, yakni tahap sirosis kemudian kanker hati. Namun, dr Irsan mengatakan bahwa tidak semua orang yang terkena hepatitis B akan menjadi buruk kondisinya.

“Kalau dilihat, memang 30 persen akan menjadi sirosis dan sebagian dari sirosis itu menjadi kanker. Namun, tidak semua pasien yang menjadi sirosis itu akan meninggal dunia, jadi hanya sebagian yang meninggal,” tutupnya.  
(fik)


View the original article here

Kombinasi Kacang & Nutrisi Lain Penyehat Jantung

JANTUNG merupakan penyebab kematian utama di dunia. Untuk mencegahnya, ada cara sederhana yang bisa dilakukan.

Selain menjaga pola makan sehat dan aktif bergerak, mencegah penyakit jantung juga bisa dengan mengudap kacang. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian baru yang menyebut bahwa konsumsi kacang setiap hari dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung hingga 30 persen.

Alih-alih mengonsumsi makanan mengandung tinggi gula dan berlemak, Anda bisa mengonsumsi makanan ringan lain yang menyehatkan jantung. Sebagaimana dikutip Femalefirst, Kamis (17/7/2014), mengudap kacang tanah dan kacang mete dapat mengurangi risiko masalah jantung sebesar 30 persen.

Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Dalam penelitian disebutkan bahwa risiko penyakit jantung turun antara 28 hingga 29 persen untuk konsumsi setiap porsi kacang. Selain itu, bahaya kematian dari penyebab penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi atau obesitas, menjadi 17 persen lebih rendah.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara pasien yang memakan kacang. Para ilmuwan menemukan risiko terhadap penyakit stroke hanya menurun sedikit bila mengonsumsi kacang. (Baca: Pola Makan Sehat saat Puasa)

Tak hanya itu, penelitian para ilmuwan Amerika Serikat dan China juga menyoroti manfaat kesehatan mengonsumsi kacang pada diet sehari-hari. Mereka menganjurkan untuk mengkombinasikan kacang-kacangan dengan makanan kaya asam lemak tak jenuh, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

Dengan mengkombinasi kacang-kacangan dengan nutrisi lainnya tersebut, para ilmuwan mengatakan bahwa itu dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan lain di dalam tubuh. (fik)


View the original article here

Dampak Negatif Masturbasi bagi Kesehatan

KEBIASAAN masturbasi tidak selamanya membawa manfaat bagi kesehatan. Menurut Dan Drake, konselor kecanduan seks, masturbasi bisa merugikan atau menghambat aktivitas harian.

Berikut gejala fisik dan psikis yang menunjukkan masturbasi sudah berbahaya dilakukan, seperti dilansir Menshealth.  
Anda sudah menyakiti diri sendiri
Beberapa orang yang terlalu sering melakukan masturbasi hingga mengalami luka pada bagian 'Mr.P'-nya". Tobias Kohler, MD, Urolog dari Southern Illinois University mengatakan luka tersebut bisa ringan seperti lecet hingga penyakit Peyronie atau ada plak di batang Mr. P pria. (Baca: Manfaat Sehat Seks Secara Fisik & Emosional)
 
Berpengaruh pada hubungan sosial dan pekerjaan
Jika Anda sudah merasa kebiasaan masturbasi sudah merugikan kehidupan sosial atau pekerjaan, itu berarti sudah pertanda harus mengatur ulang rutinitas Anda.
Memiliki problem ejakulasi
Beberapa orang yang melakukan masturbasi terlalu banyak membuat dirinya hanya memiliki titik rangsangan tertentu. Masalah akan muncul ketika bercinta secara nyata, hubungan itu tidak memuaskan Anda. "Jika itu terjadi pada Anda, berarti Anda memiliki masalah serius yang harus ditangani. (Baca: Teh Manis Tak Baik Dikonsumsi saat Sahur)
 
Anda tidak bisa berhenti memikirkan tentang masturbasi
Jika Anda merasa terganggu oleh pikiran untuk kapan atau bagaimana melakukan mastubasi selanjutnya, ini adalah indikasi kuat Anda memiliki masalah yang serius.
Anda sudah coba menghentikannya tapi tidak bisa
"Salah satu ciri utama orang sudah kecanduan, ia sudah tidak bisa mengontrol dirinya sendiri," jelas Drake. Seperti orang yang sudah kecandungan rokok atau judi, jika Anda sudah sulit mengelola keinganan masturbasi Anda, itu sudah pada kecanduan yang berbahaya.
Jika Anda merasa memiliki keluhan diatas, Anda bisa mengatasi kondisi itu dengan mengatur lagi rutinitas kehidupan Anda atau mengalihkannya ke aktivitas hal positif. Jika itu tidak kunjung juga berhasil, Anda bisa mendatangi terapi seks atau konselor untuk mengatasi kecanduaan tersebut. 
(fik)


View the original article here

Tiga Cara Sederhana Jadikan Hidup Lebih Sehat

HIDUP sehat bisa berawal dari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, termasuk pola makan. Pola makan yang sehat akan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Pola makan yang sehat cukup sederhana. Anda cukup mengonsumsi beberapa makanan tertentu, ada pula yang harus dihindari. Berikut beberapa makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari agar hidup lebih sehat, seperti dilansir Womensfitness, Kamis (17/7/2014)

Bebas daging

Makanlah daging lebih sedikit dan perbanyak sayuran. Pasalnya, menurut penelitian dari Oxford University, menjadi vegetarian memiliki risiko 32 persen lebih kecil untuk menderita penyakit jantung.

Mengurangi kafein

Mengonsumsi minuman berkafein akan menurunkan kesehatan Anda. Karenanya, mulailah untuk mengurangi beberapa cangkir dalam sepekan, seperti minum secangkir teh hijau atau susu untuk memulai pagi yang sehat. (Baca: Cara Hindari Heat Stress Selama Ramadan)

Mengonsumsi sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau dapat membantu meningkatkan detoksifikasi hati dengan mengeluarkan racun keluar dari tubuh. Karena itu, pastikan setiap hari mengonsumsi kale, brokoli atau bayam saat makan siang dan makan malam untuk kulit yang lebih cerah. (fik)


View the original article here

Jumat, 25 Juli 2014

Cara Mencegah Mr P Berbau Tak Sedap

PANGKAL paha yang lembap seringkali menimbulkan bau tidak sedap pada Mr P. Bahkan tidak sedikit menyepelekan kondisi ini, hingga akhirnya menggangu kepuasan saat bercinta.
"Keringat dan campuran dari kelembapan menciptakan bakteri pada kulit. Dan pada akhrinya menyebabkan bau tak sedap," kata  Kelley Pagliai Redbord, MD, dermatolog di George Washington University.
Lebih dalam, pangkal paha berisi sejumlah memiliki kelenjar apokrin yang melepaskan sekresi. Kelenjar tersebut kemudian bercampur dengan keringat, sehingga mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Meski begitu, masih ada cara untuk mengatasinya. Berikut ulasan menarik seperti dilansir Menshealth.
Mencukur rambut
Rambut pada organ intim juga memicu kondisi lembap datang. Alhasil bau tak sedap pun bisa muncul. Meski begitu, Anda tidak perlu mencukur rambut bagian ini sampai habis, tapi merapikannya untuk mengurangi bau. (Baca: Manfaat Sehat Seks secara Fisik & Emosional)
Membersihkan selangkangan sampai bersih
Bersihkan bagian selangkangan secara menyeluruh. Tekanlah lebih keras saat membersihkannya, terutama dicelah atau lipatan di pangkal paha. Gunakan sabun anti bakteri untuk mengatasi bau tersebut. Jika Anda tidak disunat, pastikan untuk membersihkan daerah kulup. (Baca: Teh Manis Tak Baik Dikonsumsi saat Sahur)
Keringkan organ intim
Kurangi kelembaban Mr P. Karenanya, pastikan  kondisi organ intim atau celana dalam yang Anda pakai sudah kering. Bahkan, Anda juga bisa memakai hair dryer untuk mempercepat mengerikan bagian intim Anda. Selain itu, hindari untuk memakai handuk basah. Sebab, handuk basah banyak mengandung bakteri yang berkontribusi untuk mendatangkan bau pada Mr.P.
Pakai celana katun
Celana berbahan katun bisa menghindari munculnya bau tak sedap dari Mr.P. Untuk itu, pastikan celana dalam yang Anda pakai berbahan katun,  terlebih jika cuaca sangat panas.
(fik)

View the original article here

JKN Belum Bisa Tangani Kasus Kanker Stadium Lanjut

SETIAP tahun, biaya pengobatan kanker semakin tinggi. Harapan muncul setelah ada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari pemerintah yang dimulai sejak 2014.

Adakah perbedaan bantuan pengobatan kanker dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) setelah dan sebelum ada JKN? Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof Dr dr Nila Moeloek, SpM (K) mengatakan, kehadiran JKN sangat membantu. Dengan adanya JKN, pasien-pasien kanker yang datang ke YKI menjadi berkurang. (Baca: YKI Bantu Pengobatan Kanker Stadium Lanjut)

"Kami bersyukur pasien-pasien kanker yang datang ke YKI setelah ada BPJS menjadi menurun," katanya pada diskusi media bertema "Bersama Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker" di Kantor Yayasan Kanker Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2014).

Prof Nila menjelaskan bahwa penurunan pasien kanker yang datang ke YKI memang terjadi akibat biaya pengobatan yang bisa ditanggung. Meski begitu, pengobatan yang ditanggung hanyalah kanker stadium awal. Sementara, pasien yang sudah pada tahap meningkatkan kualitas hidup tidak bisa ditangani oleh JKN sehingga mereka masih datang ke YKI.

"Jadi, memang yang belum ter-cover JKN adalah pasien-pasien kanker yang sudah dalam kategori meningkatkan kualitas hidup atau stadium lanjut, ehingga mereka datang ke YKI," tuturnya.

Sementara, Wakil Sekretaris YKI Dr Ulfana Said Umar mengatakan bahwa perbedaan setelah dan sebelum ada JKN juga terlihat dari dana santunan yang diberikan. Menurutnya, dana santunan yang dikeluarkan YKI setelah ada JKN menjadi lebih kecil dibanding sebelumnya.

"Dulu, sebelum ada JKN, YKI bisa memberikan santunan sebesar Rp100 juta sebulan, tetapi setelah ada JKN hanya sekira Rp40-50 juta," tutupnya.  
(fik)


View the original article here

Hepatitis B & C Penyebab Utama Kanker Hati

HEPATITIS umumnya disebabkan oleh virus hepatitis A,B,C,D, dan E. Dari kelima virus tersebut, yang paling menjadi perhatian para ahli medis adalah hepatitis B dan C.

Konsultan Gastroenterohepatologi RSCM, dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH mengatakan bahwa hepatitis B dan C muncul tanpa disertai gejala. Namun, ketika gejalanya muncul, penyakit itu sudah dalam tahap lanjut. Lalu, apa yang dimaksud dengan tahap lanjut?

“Ini berkaitan dengan perjalanan virus, karena mereka bisa berjalan dari kronik, sirosis, kemudian kanker hati lalu menimbulkan kematian. Sering kali pada pasien ini baru ketahuan pada fase sirosis atau kanker hati,” katanya pada SOHO Global Health bertema “Hepatitis, Kenali dan Obati” di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Pada sebagian orang, hepatitis B bisa menjadi sirosis. Tetapi menurut dr. Irsan, justru banyak pasien yang tidak pernah tahu mengidap hepatitis B lebih dulu.

“Jadi, mereka datang-datang karena muntah darah, karena sirosis setelah dicek ternyata hepatitis B positif,” tuturnya.

Sementara di tahun 2014, Cancer Report menyebutkan bahwa kanker hati menjadi penyebab kematian nomor 2, dalam hal mortalitas atau bahaya meninggalnya. Kanker hati sendiri juga biasanya disebabkan karena virus hepatitis B dan C. (Baca: Tenggak Paracetamol Berlebihan Berisiko Gangguan Liver)

“Sebagian besar pasien kanker hati meninggal, dan penyebab kanker hati itu terbanyak adalah virus hepatitis B dan C,” tutupnya.  
(fik)


View the original article here

Siasat Mengonsumsi Obat Selama Puasa

PERUBAHAN jadwal makan dan mengonsumsi obat bisa menimbulkan hipoglikemia atau gula darah terlalu rendah pada penderita diabetes. Namun demikian, hal ini masih bisa disiasati dengan menumbalkan puasa.

Dr. Benny Kurniawan, Marketing Manager PT Roche Indonesia mengatakan konsumsi obat yang biasanya dilakukan pagi ataupun sore, bisa dilakukan saat buka puasa. Jenis obatnya pun bukan berlaku untuk oral, tapi juga suntik insulin. (Baca: Teh Manis Tak Baik Dikonsumsi saat Sahur)  
"Selama bulan puasa, obat bisa dikonsumsi saat buka puasa dan sahur," jelasnya dalam acara yang bertema 4 Sehat 5 Teratur Selama Berpuasa bagi Diabetesi bersama Accu- Chek, di Crown Plaza lantai 2 di Maroush Restaurant, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, 16 Juli 2014. (Baca: Diabetesi Pantang Olahraga Dekati Waktu Buka Puasa)
Selain itu harus diingat, saat minum obat sewaktu sahur jumlah dosisnya harus dikurangi. (Baca: Alasan Diabetesi "Haram" Puasa saat Gula Darah Tinggi)
"Pengurangan dosis obat hipoglikemik oral ini sendiri untuk menghindari terjadinya hipoglikemik ada sore hari. Karena itu, dosisnya separuhnya saja," tutupnya.
(fik)


View the original article here

Alasan Diabatesi ''Haram'' Puasa saat Gula Darah Tinggi

MENJALANI puasa Ramadan, bagi penderita diabetes atau diabetesi memang diperbolehkan. Namun, "haram" hukumnya jika kondisi gula darah sedang tinggi.
Menurut Dr Benny Kurniawan, Marketing Manager PT Roche Indonesia, jika diabetesi memaksakan diri berpuasa, maka akan memicu kejadian yang fatal atau penyakit baru. Nyatanya, diabetesi dengan kadar gula darah di atas 300 mg/dl tidak boleh berpuasa. Pasalnya, saat gula darah tinggi, lemak tubuh akan dibakar secara drastis. (Baca: Jangan langsung makan besar usai konsumsi takjil)
“Hasilnya, akan menciptakan pecahan, dimana tidak hanya energi yang dihasilkan tapi juga keton (racun-red). Dari keton ini, akhirnya bisa timbul komplikasi yang berat," katanya dalam acara bertema “4 Sehat 5 Teratur Selama Berpuasa bagi Diabetesi” bersama Accu-Chek di Crown Plaza, Jakarta, Rabu, 16 Juli 2014. (Baca: Mengintip proses kemampuan bayi bicara)
Untuk berpuasa, diabetesi harus lebih dulu menurunkan kada gula darahnya. Caranya dengan mengurangi konsumsi asupan manis dan olahraga selama 30 menit selama empat sampai lima hari dalam sepekan.
"Patokannya, turunkan gula darah di bawah 300 mg/dl. Nah, setelah itu sudah boleh puasa," pungkasnya.
(fik)

View the original article here

Tenggak Paracetamol Berlebihan Berisiko Gangguan Liver

KETIKA terserang penyakit seperti pusing, demam, atau flu, hampir sebagian besar orang akan langsung mengonsumsi obat. Ternyata, obat juga bisa menyebabkan gangguan liver.
Konsultan Gastroenterohepatologi RSCM, dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH, mengatakan bahwa salah satu kandungan obat yang bisa menyebabkan gangguan liver adalah paracetamol. Lantas, perlukah kita mengecek liver setelah mengonsumsi obat yang mengandung paracetamol?
Menurut dr Irsan, kita tidak perlu memeriksa kondisi liver setelah minum obat yang mengandung paracetamol. Pasalnya, gangguan liver akibat paracetamol biasanya karena dikonsumsi dalam jumlah besar. (Baca: Hepatitis Menyerang Bukan Hanya karena Virus)
“Kita mengalami gangguan liver kalau paracetamol dikonsumsi dalam jumlah besar. Saya juga begitu meresepkan paracetamol, pasien sering bertanya, ‘Dokter kan tahu saya sakit liver, kenapa dikasih obat ini?’. Saya bilang tidak apa-apa karena obat itu mengganggu kalau diminum dalam dosis besar sedangkan dalam dosis terapi, tidak,” katanya pada SOHO Global Health bertema “Hepatitis, Kenali dan Obati” di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.
“Dosis terapi itu misalnya 3x1 sehari atau 3x500 mg, itu tidak apa-apa sedangkan paracetamol akan mengganggu liver kalau diminum di atas 4 gram atau 8 tablet,” tambahnya.
Paracetamol sendiri juga memiliki dampak paling buruk yakni gagal hati jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, sejauh ini kasus di Indonesia sangat jarang terjadi.
“Bagusnya selama saya praktek sebagai dokter liver baru dua kali menemukan pasien yang berlebihan minum paracetamol, entah karena depresi atau kecewa, tetapi yang pasti dia minum dalam jumlah besar,” tutupnya. (Baca: Hebatnya Hati, Jadikan Tubuh Sanggup Beraktivitas saat Puasa)
(fik)

View the original article here

Diabetesi Boleh Konsumsi Asupan Manis saat Buka

PENDERITA diabetes atau diabetes juga bisa mengonsumsi asupan manis saat berbuka puasa. Hal ini seperti diungkapkan Dr Benny Kurniawan, Marketing Manager PT Roche Indonesia.

Menurutnya, diabetesi memang dianjurkan menjaga gula darahnya agar terhindar dari komplikasi. Namun, untuk berbuka puasa, mereka tetap bisa mengonsumsi makanan manis.

"Jangan salah kaprah, banyak orang yang bilang penderita diabetes tidak boleh minum teh manis saat berbuka. Kalau mau, harus pakai pemanis buatan. Gula jenis itu hampir nol kalori, kasihan lah mereka jadi tidak ada asupan kalori. Padahal, mereka membutuhkan kalori saat buka puasa sebagai sumber energi," jelasnya di Jakarta, Rabu, 16 juli 2014.

Dengan demikian, tegasnya, diabetesi boleh mengonsumsi asupan manis dengan gula biasa. Namun dengan catatan, selama jumlah teh manis atau asupan tersebut tidak berlebihan. (Baca: Teh Manis Tak Baik Dikonsumsi saat Sahur)

"Kuncinya memang tidak boleh berlebihan agar tidak berefek buruk. Secukupnya saja, apakah itu minum teh manis saat buka," tutupnya.  
(fik)


View the original article here

Kamis, 24 Juli 2014

YKI Bantu Pengobatan Kanker Stadium Lanjut

BIAYA pengobatan yang semakin tinggi tentu menjadi beban bagi pasien kanker. Karenanya, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) berkomitmen membantu pasien kanker dalam membantu mengatasi biaya pengobatan yang semakin tinggi.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr.dr. Nila Moeloek, SpM (K) mengatakan, sebelum ada JKN di tahun 2014, pasien-pasien kanker yang tidak memperoleh asuransi kesehatan dilindungi oleh YKI.

Memang, setelah ada JKN, pasien kanker pada stadium awal bisa dicover, tetapi pasien di stadium lanjut belum bisa ter-cover. Menurut Prof Nila memperpanjang kelangsungan hidup pasien kanker stadium lanjut dengan memerbaiki kualitas hidup mereka harus diupayakan.

"YKI memberikan bantuan dana kepada pasien kanker yang tidak memperoleh bantuan asuransi untuk menjalani pengobatan seperti operasi, kemoterapi, dan radioterapi, agar memperbaiki kualitas hidup mereka ," katanya pada diskusi media bertema "Bersama Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker" di Kantor Yayasan Kanker Indonesia, Jl. GSSY Ratulangi No.35, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2014).

Prof Nila mengatakan bahwa santunan yang diberikan YKI kepada pasien kanker stadium lanjut berupa dana santunan. Namun santunan juga harus berupa dana pembelian obat. (Baca: Darah Segar Jadi Tren di Masyarakat)

"Misalnya YKI beli 2 obat gratis 1 pada perusahaan obat untuk pasien kanker. Kemudian, YKI juga menyediakan obat kemoterapi dengan harga 30 persen lebih murah dari obat asli," tuturnya.

Lalu, darimana dana santunan yang diperoleh YKI? Prof. Nila menjelaskan bahwa dana santunan yang diberikan oleh pasien kanker stadium lanjut tersebut YKI mencarinya sendiri. Misalnya, YKI memperoleh bantuan dana dari hasil CSR, dana-dana santunan dari luar negeri atau keikhlasan anak-anak sekolah.

Kemudian, apa saja persyaratan dan ketentuan untuk memperoleh dana santunan dari YKI bagi pasien kanker stadium lanjut?

"Pasien datang berdasarkan rujukan dokter onkologi, dari golongan tidak mampu atau kartu SKTM dari wilayah masing-masing kemudian datang ke kantor pusat YKI," jelasnya. (fik)


View the original article here

Diabetesi Pantang Olahraga Dekati Waktu Buka Puasa

SELAMA berpuasa, penderita diabetes atau diabetesi boleh olahraga. Meski begitu, olahraga baiknya tidak dilakukan mendekati waktu berbuka puasa.
Menurut Dr Benny Kurniawan, Marketing Manager PT Roche Indonesia, diabetesi tidak dianjurkan berolahraga satu atau dua jam sebelum buka puasa. Pasalnya, kadar gula darah dalam tubuh berada pada tahap terendah. Mereka berisiko hipoglikemia.
"Jam 16.00 atau 17.00 adalah titik gula darah terendah kita. Alih-alih mendapatkan kesehatan, malah bisa mengancam kesehatan karena hipoglikemia, kalau dipaksakan berolahraga," katanya dalam acara bertema “4 Sehat 5 Teratur Selama Berpuasa bagi Diabetesi” bersama Accu-Chek, di Crowne Plaza Hotel, Jakarta Selatan, baru-baru ini. Baca: Jangan langsung makan besar usai konsumsi takjil)
Untuk berolahraga, diabetesi lebih dianjurkan melakukannya setelah berbuka. Pasalnya, kadar gula darah saat itu sudah kembali normal. (Baca: Mengintip proses kemampuan bayi bicara)
"Saat kita buka puasa, gula darah kembali normal. Ini adalah kondisi yang tepat untuk penderita diabetes mulai berolahraga," imbuhnya.
Sementara itu, jenis olahraga yang tepat untuk diabetesi adalah aerobik. Alasannya, olahraga tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk menopang kegiatan harian.
"Aerobik jenis olahraga yang kita masih sempat untuk menarik napas. Misalnya, jalan kaki, nah itu kita lakukan sebanyak 15o menit dibagi menjadi empat atau lima hari per pekan," tutupnya.
(fik)

View the original article here

Bayi Berlatih Kata-Kata sejak Usia 7 Bulan

BAYI belajar berbicara ternyata sejak usia tujuh bulan. Hal ini dibuktikan oleh Patricia Kuhl, co-director dari Universitas Washington untuk Ilmu pembelajaran otak melalui penelitian yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Menurut Patricia, sebelum bayi bisa mengucapkan artikulasi kata-kata secara jelas, mereka sebenarnya sudah berlatih di kepala. Bagian otak yang bertanggung jawab dengan perencanaan motorik bicara aktif pada umur tujuh bulan. Meskipun tidak jelas mengucapkan kata sampai umur satu tahun, sebenarnya mereka sedang belajar berlatih merangkai kata-kata.

"Cara bayi mengaktifkan bagian otak yang melatih motorik adalah dengan mendengar. Saat itu, otak bayi sedang bekerja untuk terlibat dalam pembicaraan. Ini sudah aktif sejak bayi berumur 7 bulan," kata pria yang juga menjabat Wakil Direktur University of Washington Institute for Learning and Brain Sciences ini, seperti dilansir Foxnews, Rabu (16/7/2014)

Untuk belajar mengucapkan kata-kata, bayi punya cara sendiri. Biasanya, mereka akan menggerakkan tangannya ketika ingin berbicara sesuatu. (Baca: Mengintip proses kemampuan bayi bicara)

"Saat anak ingin bicara atau melontarkan kata, biasanya mereka akan melakukan gerakan yang akan mempermudah produksi kata-kata," simpulnya.  
(fik)


View the original article here

Pola Puasa Sehat untuk Diabetesi

PENDERITA diabetes yang berpuasa tentunya tidak boleh sembarang mengonsumsi makanan. Hal ini bisa menimbulkan komplikasi terhadap kadar gula darahnya.
Menurut Dr Benny Kurniawan, Marketing Manager PT Roche Indonesia, diabetesi punya pola makan khusus ketika puasa. Saat buka puasa, misalnya, diabetesi tidak boleh langsung mengonsumsi makanan dalam porsi berlebihan. Jika memaksa, gula darah akan mengalami lonjakan yang cukup signifikan. (Baca: Jangan langsung makan besar usai konsumsi takjil)
"Polanya itu, 10 persen untuk jumlah konsumsi makanan saat berbuka puasa dan sebaiknya mengonsumsi yang manis dulu. Lalu, 40 persennya makanan berat setelah melakukan salat maghrib. Setelah salat tarawih atau sekitar jam 21.00, hanya boleh mengonsumsi makanan ringan sejumlah 10 persen," katanya di Jakarta, baru-baru ini. (Baca: Diabetesi Pantang Olahraga Dekati Waktu Buka Puasa)
Sementara, untuk sahur, jumlah konsumsinya sebesar 40 persen. Menurut Dr Benny, jika diabetesi bisa menjalani pola makan tersebut dengan baik, mereka bisa memiliki cukup energi untuk menjalani aktivitas harian. Porsi 40 persen atau makanan berat tersebut, jenis makanannya harus bervariasi dan lengkap gizinya; sayur, buah, lauk, karbohidrat dan lemak. (Baca: Alasan Diabetesi "Haram" Puasa saat Gula Darah Tinggi
“Hindari juga mengonsumsi yang manis-manis saat sahur. Sebab, makanan manis akan bikin cepat kenyang, tapi cepat lapar lagi yang otomatis mempercepat penurunan gula darah. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat fisiko seseorang lemas dan berisiko mengalami hipoglikema," pungkasnya.
(fik)

View the original article here

Bolehkah Diabetesi Minum Teh Manis Pakai Gula Merah?

BANYAK orang menganggap penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi minuman manis memakai gula merah, karena akan melesatkan gula darahnya. Sebaliknya, orang beranggapan gula pasir menjadi pilihan terbaik. Benarkah demikian?
Menurut Dr. Benny Kurniawan, Marketing Manager PT Roche Indonesia, memakai gula merah atau gula putih dalam membuat minuman manis sebenarnya sah-sah saja. Sebab, perbedaan dari pemakaian tidak berbeda jauh
"Memang ada perbedaan dari pemakaian gula merah dan gula putih (pasir). Tapi itu tidak terlalu signifikan, tidak mencolok, paling kita buat teh manis hanya memakai dua sampai tiga sendok gula ," katanya dalam acara bertema 4 Sehat 5 Teratur Selama Berpuasa bagi Diabetesi bersama Accu- Chek di Maroush Restaurant, Hotel Crown Plaza, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu, (16/7/2014).
Akan berbeda kasus jika mengonsumsinya berlebihan. Menurutnya, mau memakai gula merah dan gula pasir kalau berlebihan akan fatal akibatnya.
"Jadi, bebas sebenarnya mau bikin teh dengan gula merah atau gula putih. Masalahnya akan muncul jika penderita diabetes mengonsumsi berlebihan minuman manis itu," terangnya.
(ren)

View the original article here

Cara Hindari Heat Stress selama Ramadan

TERLALU lama terkena suhu tinggi bisa menimbulkan risiko heat stress, apalagi untuk mereka yang tengah puasa. Saat itu, tubuh tidak dapat mengatur suhu yang akhirnya mengganggu kelancaran ibadah puasa.

Dubai Health Authority mengeluarkan beberapa pedoman untuk menyoroti pentingnya mencegah penyakit heat stress. Mereka juga mengamati tindakan pencegahan penyakit heat stress dari kebiasaan hidup dan pola makan selama Ramadan.

Berikut beberapa tindakan pencegahan heat stres, seperti dikutip Gulfnews, Rabu (16/7/2014).

Tidur cukup

Kurang tidur bisa mengurangi energi di tempat kerja dan meningkatkan risiko heat stress. Karenanya, penting untuk berisitirahat di malam hari, terutama saat puasa. (Baca: Kiat Sehat Makan Takjil saat Berbuka Puasa)

Tidak melewatkan sahur

Tidur cukup memang sedikit sulit saat bulan Ramadan. Namun, orang-orang yang berpuasa harus memastikan perut mereka terisi saat sahur dan sebelum tidur.

“Melewatkan sahur dan kurang tidur merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan heat stress. Selain itu, sahur sebaiknya dikonsumsi menjelang berakhirnya waktu yang ditentukan (imsak) untuk meminimalkan kesulitan berpuasa,” jelas clinical dietician and head of health education section, Maryam Al Shamsi, dari the DHA Clinical Nutrition Department.

Hindari minuman berkafein

Minuman mengandung kafein, seperti kopi, teh dan soda harus dihindari, terutama saat sahur. Pasalnya, minuman berkafein memiliki sifat duretik yang dapat mendehidrasi tubuh. Bahkan, minum teh juga meningkatkan proses pengeluaran garam melalui urin yang dibutuhkan selama puasa.  
(fik)


View the original article here

Rabu, 23 Juli 2014

Empat Cara Alami Dongkrak Testosteron

SEMAKIN bertambah usia, kadar hormon testosteron pria kian menurun. Jika hal itu terjadi, maka pria berisiko mengalami disfungsi seksual, kurang bertenaga, hingga depresi.

Tenang, ada beberapa cara untuk meningkatkan hormon testosteron. Berikut ulasannya, seperti dikutip Thedudes, Rabu (16/7/2014).

Olahraga intensif

Jenis latihan harus mencakup periode pemanasan, dari dua sampai empat menit, diikuti 30 detik berolahraga sebagai latihan intensif. Caranya dengan bergerak cepat kemudian ambil waktu sekira satu menit untuk istirahat. Ulangi cara tersebut dan gunakan 90 detik untuk pendinginan. (Baca: Manfaat sehat seks secara fisik dan emosional)

Meningkatkan kadar vitamin D

Vitamin D memang tidak banyak pada tubuh pria. Karenanya, hal ini harus ditingkatkan untuk menjaga kadar testosteron. Cara termudah untuk memperoleh vitamin D adalah dengan menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Pasalnya, sinar matahari sangat membantu tubuh untuk mendapatkan vitamin D.

Mengurangi stres

Di bawah stres, tubuh akan melepaskan kortisol yang dapat membunuh efek testosteron. Jika Anda tidak dapat mengatasi stres, maka testosteron juga tidak dapat meningkat. Cobalah untuk bermeditasi atau latihan beladiri untuk menghilangkan stres, sehingga kadar testosteron pun meningkat.

Kurangi asupan gula

Gula memicu kadar insulin tubuh yang mendongkrak kortisol, penyebab rendahnya testosteron. Gula juga menjadi bahan adiktif sehingga melepaskan dopamin dalam otak. Akibatnya, otak mendorong kita lebih banyak makan hingga berujung pada obesitas.  
(fik)


View the original article here

Pola Makan Sehat selama Puasa

PADA bulan Ramadan, umat muslim berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Tentu, kondisi ini membuat tubuh mengalami perubahan pola makan dan minum.

Meski begitu, saat berbuka maupun sahur Anda harus tetap mengonsumsi makanan secara sehat. Berikut beberapa tips makan sehat selama Ramadan, seperti dilansir Hellodoctor, Rabu (16/7/2014).

Hindari makanan berwarna putih

Makanan berwarna putih, misalnya roti, beras, dan gula. Beberapa jenis makanan putih diproses dengan komposisi yang kurang sehat dan nilainya gizinya telah berkurang. Anda dapat menggantinya dengan mengonsumsi roti gandum, beras merah, dan madu sebagai pemanis alami.

Hindari junk food

Junk food saat memang mudah dicari, tetapi hampir tidak mengandung nutrisi apapun. Oleh karena itu, akan selalu baik jika memasak sendiri menu masakan selama bulan Ramadan.

Hindari makanan dan minuman penyebab dehidrasi

Dehidrasi adalah masalah paling umum yang terjadi selama puasa. Oleh karena itu, cobalah untuk minum banyak air atau mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan. Selain itu, hindari kopi dan soda karena dapat menyebabkan dehidrasi. (Baca: Kiat sehat makan takjil saat berbuka puasa)

Hindari gorengan

Makanan yang digoreng, terlalu manis, ataupun terlalu pedas tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa. Makanan-makanan tersebut sulit dicerna dan dapat memicu beberapa masalah kesehatan yang serius. Sebagai alternatif, Anda bisa mengonsumsi makanan yang direbus, dikukus, atau dibakar.

Kurangi asupan karbohidrat

Selama bulan puasa, Anda menghabiskan sebagian besar waktu tanpa makan dan minum. Dalam kondisi seperti ini, cobalah untuk mengurangi asupan berkarbohidrat dan lebih banyak makan serat serta protein saat sahur. Hal ini karena serat dan protein akan membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu sistem pencernaan lancar. (fik)


View the original article here

Ini Alasan Teh Manis Tak Baik Dikonsumsi saat Sahur

TIDAK sedikit orang yang meminum teh manis saat sahur. Di sisi lain, ada anggapan makanan manis saat sahur tidak baik. Benarkah demikian?
Menurut Dr. Benny Kurniawan, Marketing Manager PT Roche Indonesia, meminum teh manis sah-sah saja saat sahur, asal memang tidak berlebihan.
"Meski saat sahur harus menghindari makanan yang manis-manis, tapi bukan berarti tidak boleh. Ini termasuk juga minum teh manis, kalau satu cangkir saja boleh," jelasnya dalam acara yang bertema 4 Sehat 5 Teratur Selama Berpuasa bagi Diabetesi bersama Accu- Chek, di Crown Plaza lantai 2 di Maroush Restaurant, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu,  16 Juli 2014.
Kenapa tidak boleh minum teh banyak-banyak? Itu karena dikhawatirkan asupan kalori dari nasi kalah dengan teh manis. Sehingga, membuat perut cepat kenyang tapi juga cepat lapar.
"Saat tubuh mudah lapar, gula darah akan cepat menurun. Dan itu akan mengundang hipoglikemia, inilah yang bahaya kalau minum teh berlebihan," simpulnya.
(ren)

View the original article here

Senam Kegel Jauhkan Pria dari Ancaman Ejakulasi Dini

SENAM kegel tidak hanya bisa dilakukan oleh wanita. Pria juga bisa melakukannya dengan mengambil sejumlah manfaat.

Studi menemukan bahwa kegel atau latihan otot panggul bisa mengatasi gangguan fungsi seksual pria. Bahkan, kegel dipercaya mampu mempercepat pemulihan operasi prostat.

Pria yang ingin melakukan latihan ini hanya perlu menghentikan aliran kencing dengan otot-otot panggul selama beberapa detik. Mereka harus menahan kemudian melepaskannya. Lakukan hal ini 10 kali sampai 15 kali, seperti dilansir Foxnews, Rabu (16/7/2014)

Menurut urolog, tidak sedikit orang yang mengabaikan latihan otot dasar panggul. Terutama, mereka yang sering berlatih kardio untuk kesehatan jantung atau latihan beban untuk membentuk perut six pack.

Sementara itu, manfaat lain kegel adalah bisa meningkatkan ereksi. Bahkan, seorang dokter menyebut, latihan kagel tidak ubahnya seperti viagra. Apalagi, uji klinis menunjukkan mereka yang melakukan latihan kegel bisa membantunya jauh dari ancaman ejakulasi dini. (fik)


View the original article here

Sulit Tahan Pipis, Pria Harus Ikut Senam Kegel

SENAM kegel telah lama direkomendasikan untuk wanita karena bisa mencegah dan mengobati inkontinensia. Inkontinensia sendiri bisa diartikan sebagai ketidakmampuan untuk menahan rasa ingin buang air kecil yang pada akhirnya bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Urolog Dr Andrew L. Siegal mengatakan bahwa senam yang untuk mengencangkan otot panggul atau kegel juga bermanfaat bagi laki-laki. Menurutnya, senam kegel dapat membantu mengobati inkontinensia pada pria. (Baca: Manfaat Sehat Seks secara Fisik dan Emosional)

“Pria seringkali mengabaikan latihan panggul, padahal otot-otot di bagian tersebut adalah dasar saluran kencing,” katanya sebagaimana dikutip Newsmaxhealth, Rabu (16/7/2014).

Lebih lanjut, Dr Andrew mengatakan bahwa jenis otot dasar panggul pria sebenarnya sama seperti wanita. Karena usia bertambah, maka otot dasar tersebut pun melemah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menguatkan dengan latihan, yaitu mengencangkan otot selama beberapa detik lalu beristirahat.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, latihan bisa dilakukan 10 sampai 15 kali. Pada uji klinis, selain inkontinensia, latihan tersebut juga bisa mengatasi ejakulasi dini.

“Uji klinis juga menunjukkan bahwa senam kegel juga memulihkan fungsi seksual pada pria dengan disfungsi ereksi,” tutupnya.  
(fik)


View the original article here

Selasa, 22 Juli 2014

Konsumsi Omega 3 Kurangi Gangguan Saraf Otak

ASAM lemak omega-3 bisa ditemukan pada ikan berminyak, dan dikenal menyehatkan jantung. Asam lemak omega-3 ternyata juga bisa menyehatkan syaraf.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa pola makan kaya asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi risiko terkena gangguan neurodegeneratif, penyakit mematikan amyotrophic lateral sclerosis (ALS). ALS merupakan penyakit saraf yang menyerang neuron yang mengendalikan otot lurik.

Pemimpin penelitian, Kathryn Fitzgerald, dari Harvard School of Public Health, Boston, mengatakan bahwa inflamasi dan stres oksidatif telah lama dikaitkan dengan ALS, sehingga setiap nutrisi yang melawan kedua proses tersebut mungkin bisa membantu mengurangi risikonya.

“Dalam studi ini, tiap individu yang mengonsumsi asupan makanan tinggi asam lemak omega-3 tak jenuh ganda, risiko terkena ALS-nya berkurang,” katanya, sebagaimana dikutip Newsmaxhealth, Rabu (16/7/2014).

Lebih lanjut, Fitzgerald mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 paling sering ditemukan pada ikan tertentu. Dengan mengonsumsi ikan yang kaya akan kandungan tersebut, maka peradangan dan stres oksidatif pada sel yang dapat merusak jaringan saraf, bisa berkurang.

“Tetapi, kami juga menemukan bahwa asupan makanan yang tinggi alpha-linolenic acid, sejenis asam lemak yang ditemukan dalam minyak sayur dan kacang-kacangan, berhubungan dengan risiko lebih rendah terkena ALS,” tuturnya. (Baca: Inilah Makanan Terbaik Pendamping ASI)

Untuk menemukan hasil pada penelitian ini, tim Fitzgerald melihat adanya hubungan antara ALS dengan asam lemak omega-3 di antara hampir 1.000 pasien ALS. Mereka menemukan bahwa pasien yang paling banyak mengonsumsi makanan asam lemak omega-3 memiliki risiko terendah terkena ALS. (fik)


View the original article here

Segar saat Puasa, Whulandary Rajin Olahraga

SELAMA bulan puasa, banyak orang malas beraktivitas hingga tubuh menjadi lemas dan vitalitas menurun. Puteri Indonesia 2013 Whulandary Herman justru tidak pernah meninggalkan olahraga selama Ramadan.

Whulandary Herman mengaku tetap rajin beraktivitas, termasuk olahraga, saat puasa. Untuk hal ini, biasanya Whulan melakukannya malam hari.

"Aku jalani olahraga, enggak pernah absen. Yoga dan jam 07.00 olahraga agar tubuh sehat dan segar," katanya kepada Okezone jelang talkshow “The Beauty of Ramadhan 2014” di Smesco Tower, Jakarta, Rabu (16/07/2014).

Gadis asal Minangkabau ini mengaku, aktivitasnya di bulan suci Ramadan sangat padat. Untuk itu, agar terlihat sehat dan bugar dia memilih berolahraga agar semangat dan tidak mudah loyo.

"Aktivitasku nonstop selama bulan puasa ini. Cara untuk bikin badan sehat dan bugar, ya dengan olahraga," tutupnya. (fik)


View the original article here