Selasa, 22 Juli 2014

Konsumsi Omega 3 Kurangi Gangguan Saraf Otak

ASAM lemak omega-3 bisa ditemukan pada ikan berminyak, dan dikenal menyehatkan jantung. Asam lemak omega-3 ternyata juga bisa menyehatkan syaraf.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa pola makan kaya asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi risiko terkena gangguan neurodegeneratif, penyakit mematikan amyotrophic lateral sclerosis (ALS). ALS merupakan penyakit saraf yang menyerang neuron yang mengendalikan otot lurik.

Pemimpin penelitian, Kathryn Fitzgerald, dari Harvard School of Public Health, Boston, mengatakan bahwa inflamasi dan stres oksidatif telah lama dikaitkan dengan ALS, sehingga setiap nutrisi yang melawan kedua proses tersebut mungkin bisa membantu mengurangi risikonya.

“Dalam studi ini, tiap individu yang mengonsumsi asupan makanan tinggi asam lemak omega-3 tak jenuh ganda, risiko terkena ALS-nya berkurang,” katanya, sebagaimana dikutip Newsmaxhealth, Rabu (16/7/2014).

Lebih lanjut, Fitzgerald mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 paling sering ditemukan pada ikan tertentu. Dengan mengonsumsi ikan yang kaya akan kandungan tersebut, maka peradangan dan stres oksidatif pada sel yang dapat merusak jaringan saraf, bisa berkurang.

“Tetapi, kami juga menemukan bahwa asupan makanan yang tinggi alpha-linolenic acid, sejenis asam lemak yang ditemukan dalam minyak sayur dan kacang-kacangan, berhubungan dengan risiko lebih rendah terkena ALS,” tuturnya. (Baca: Inilah Makanan Terbaik Pendamping ASI)

Untuk menemukan hasil pada penelitian ini, tim Fitzgerald melihat adanya hubungan antara ALS dengan asam lemak omega-3 di antara hampir 1.000 pasien ALS. Mereka menemukan bahwa pasien yang paling banyak mengonsumsi makanan asam lemak omega-3 memiliki risiko terendah terkena ALS. (fik)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar