Jumat, 25 Juli 2014

Hepatitis B & C Penyebab Utama Kanker Hati

HEPATITIS umumnya disebabkan oleh virus hepatitis A,B,C,D, dan E. Dari kelima virus tersebut, yang paling menjadi perhatian para ahli medis adalah hepatitis B dan C.

Konsultan Gastroenterohepatologi RSCM, dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH mengatakan bahwa hepatitis B dan C muncul tanpa disertai gejala. Namun, ketika gejalanya muncul, penyakit itu sudah dalam tahap lanjut. Lalu, apa yang dimaksud dengan tahap lanjut?

“Ini berkaitan dengan perjalanan virus, karena mereka bisa berjalan dari kronik, sirosis, kemudian kanker hati lalu menimbulkan kematian. Sering kali pada pasien ini baru ketahuan pada fase sirosis atau kanker hati,” katanya pada SOHO Global Health bertema “Hepatitis, Kenali dan Obati” di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Pada sebagian orang, hepatitis B bisa menjadi sirosis. Tetapi menurut dr. Irsan, justru banyak pasien yang tidak pernah tahu mengidap hepatitis B lebih dulu.

“Jadi, mereka datang-datang karena muntah darah, karena sirosis setelah dicek ternyata hepatitis B positif,” tuturnya.

Sementara di tahun 2014, Cancer Report menyebutkan bahwa kanker hati menjadi penyebab kematian nomor 2, dalam hal mortalitas atau bahaya meninggalnya. Kanker hati sendiri juga biasanya disebabkan karena virus hepatitis B dan C. (Baca: Tenggak Paracetamol Berlebihan Berisiko Gangguan Liver)

“Sebagian besar pasien kanker hati meninggal, dan penyebab kanker hati itu terbanyak adalah virus hepatitis B dan C,” tutupnya.  
(fik)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar