Sabtu, 09 Agustus 2014

Sensasi Sehat

Senin, 04 Agustus 2014

Pemudik dengan Motor, Baiknya Istirahat Tiap 4 Jam

MENJAGA kondisi fisik agar tetap prima merupakan keharusan bagi pemudik, terutama mereka yang mengendarai kendaraan pribadi. Tujuannya, tentu agar perjalanan mudik Anda tetap sehat dan aman.  
Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof dr Ali Ghufron Mukti, M.Sc,Ph.D, mengatakan bahwa untuk menjaga kondisi fisik tetap prima selama perjalanan, pemudik harus menyempatkan diri sesekali berhenti dan beristirahat. Ali menyarankan untuk pemudik menghentikan kendaraannya tiap 4 jam demi mengembalikan kondisi fisik yang sudah kelelahan.
“Mengapa harus 4 jam? Kita perkirakan daya tahan tubuh masih prima kira-kira 4 jam, kalau 2 jam masih terlalu pendek, tetapi kalau 6 jam sudah terlalu lelah, jadi kurang lebih 4 jam," katanya di Ruang Maharjono, Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (22/7/2014).
Lebih lanjut, Ali mengimbau untuk pemudik yang membawa kendaraan sendiri tidak mengonsumsi obat-obatan atau minuman keras. Hal ini karena dampak yang ditimbulkan dari obat-obat dan minuman keras bisa membuat tubuh cepat lelah dan mengantuk.
Selain itu, menurutnya, para pemudik juga jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi bila sudah mengantuk. Ali mengatakan bahwa pengemudi harus menyadari bila mengantuk dapat membahayakan diri sendiri, penumpang, dan orang lain. (Baca: Dampak Buruk jika Anda Dehidrasi)

“Oleh karena itu, harus betul-betul disadari untuk tidak memaksakan diri, karena dapat membahayakan diri sendiri, penumpang, maupun orang lain yang juga biasanya turut menjadi korban dalam kecelakaan,” tutupnya. (Baca: Cegah Dehidrasi, Pakailah Baju Longgar)
(fik)

View the original article here

Minggu, 03 Agustus 2014

10 Cara Alami Perbesar Ukuran Mr P (1)

WANITA bukanlah satu-satunya orang yang menderita jika diejek memiliki tubuh jelek. Pria juga bisa tertekan mengenai ukuran Mr P yang dimilikinya.
Tidak semua orang dianugerahi dengan Mr P yang besar secara alami. Terlebih, perubahan gaya hidup saat ini bisa menurunkan ukuran dan ketebalannya.
Jika Anda terobsesi ingin memiliki ukuran Mr P lebih besar, ada beberapa langkah alami. Berikut ulasannya, seperti dilansir Healthmeup.


Berhenti merokok
Partikel yang dihasilkan dari merokok cenderung memblokir peredaran darah arteri. Ini juga salah satu alasan merokok dikaitkan dengan penyakit jantung. Pasokan darah yang buruk membuat fungsi organ memburuk, hal ini juga untuk Mr P.


Rutin berolahraga
Membentuk otot dan menurunkan berat badan bukanlah satu-satunya alasan bergabung dengan gym. Akan tetapi, Anda juga bisa mendapatkan Mr P yang panjang  dan sehat. Kok bisa? Itu karena rutin berolahraga membantu membersihkan plak dalam arteri dan meningkatkan aliran darah ke Mr P. (Baca: Duduk Sila Kaki Sering Kesemutan, Mengapa?)


Hindari mengonsumsi makanan berkalori tinggi
Mengonsumsi makanan tinggi akan lemak, banyak kalori, dan gaya hidup sehat bisa menyebabkan penyakit jantung serta ukuran Mr P jadi lebih kecil. Hal itu bisa terjadi karena kolesterol menghambat aliran darah pada arteri sehingga mengurangi aliran darah ke organ vital dan ukuran Mr P pun menyusut.


Sayuran dan buah-buahan
Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan bisa membantu meningkatkan ukuran Mr P. Hal itu bisa terjadi karena kandungan ini bisa membantu melawan radikal bebas dalam arteri, juga memperkuat aliran darahnya. Tak ayal, ukuran Mr P bisa tambah besar.


Menurunkan berat badan
Memiliki perut besar akan mengurangi penampilan fisik Mr P. Bahkan jika Anda memiliki Mr P besar, mungkin jadi terlihat lebih kecil akibat tertutup perut yang besar. (bersambung)
(fik)

View the original article here

Deretan Makanan Bantu Anda Turunkan Kadar Kolesterol

KEBIASAAN makan dan gaya hidup yang buruk menyebabkan hampir setiap orang memiliki kadar kolesterol yang tidak sehat hari ini. Bagaimana menurunkannya?
Tidak usah cemas, Sebab ada solusi alami tertentu yang bisa menanggulangi kondisi itu.  Secara umum, makanan tinggi serat ialah makanan memiliki efek penurun kolesterol, misalnya buah-buahan yang segar, sayuran dan kacang-kacangan.
Belum puas? Tidak usah takut, karena memang masih ada lagi makanan lain yang bisa dijadikan referensi.  Yuk simak ulasannya seperti dilansir Naturalnews.
• Gandum adalah sumber serat larut yang saat tergabung dengan kolesterol di saluran pencernaan, bisa mengeluarkan kolesterol dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, mengonsumsi tiga perempat gandum sereal setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol sebesar 10 persen.
• Wortel mengandung serat pektin yang disebut mampu  membantu menurunkan kadar kolesterol. Penelitian dari Skotlandia menemukan, konsumsi  dua wortel setiap hari selama tiga minggu bisa mengurangi kadar kolesterol sebesar 10 sampai 20 persen.
• Apel dan lapisan jeruk yang berwarna putih merupakan sumber lain yang baik dari pektin.
• Kacang ialah makanan tinggi serat dan  rendah lemak yang sangat baik untuk memangkas kolesterol.  Untuk mendapatkan manfaat ini, perhatian bisa Anda arahkan kepada kacang lentil dan kacang merah.
• Biji wijen kaya akan phytosterols, bisa memasok aliran darah ke seluruh tubuh dan mendorong kolesterol keluar.
• Kacang kenari merupakan sumber yang baik dari asam alpha-linolenic, yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol, kata Kitty Gurkin Rosati, ahli diet bersertifikat.
(fik)

View the original article here

Begini Cara Cegah Infeksi Gastroenteritis (1)

INFEKSI gastroenteritis atau penyebab diare sering menyerang seseorang saat hujan sering turun seperti saat ini. Untuk itu, penting mengambil langkah preventif agar bisa menghindari diare.
Infeksi gastroenteritis menyebabkan iritasi dan peradangan pada lapisan dalam perut yang menyebabkan pembengkakan. Seseorang yang terinfeksi bakteri akan menderita diare akut dan muntah-muntah. Beberapa gejala saat seorang terinfeksi bakteri, ialah diare, muntah-muntah, sakit perut, kram, dan dehidrasi di 24 jam sampai 48 jam.
Terinfeksi gastroenteritis harus segera ditangani dokter karena bisa menyebabkan komplikasi pada ginjal. Namun demikian, sebenarnya sebelum itu terjadi Anda bisa mencegah. Untuk mengetahui caranya, simaklah paparan Dr Akshay Chhallani, Konsultan di Rumah Sakit Wockhardt, seperti dilansir Healthmeup.
- Selalu pastikan Anda mencuci tangan sampai bersih usai menggunakan kamar mandi. Hal ini sangat penting, apalagi jika kamar mandi yang Anda gunakan ialah kamar mandi umum, entah itu di tempat kerja atau di tempat lain.
- Cuci kedua tangan Anda dengan bersih dan teratur. Khususnya saat sebelum atau sesudah makan.
- Jaga lingkungan sekitar Anda tetap bersih. Misalnya membersihkan meja makan, gagang pintu dan lain-lain. (Baca: Cegah Dehidrasi, Pakailah Baju Longgar)
- Selalu meminum air yang sudah matang atau air yang diobati dengan klorin.
- Hindari mengonsumsi makanan yang diperjualbelikan di pinggir jalan. Selain itu, hindari juga makanan di tempat-tempat yang kurang higienis cara menyajikan makanannya.
- Hindari mengonsumsi makanan yang setengah matang atau ikan mentah. (bersambung)
(fik)

View the original article here

10 Asupan yang Siap Dongkrak Magnesium Anda (2-Habis)

PERNAHKAH Anda merasa badan Anda terlalu ringkih untuk "menerjang" aktivitas harian? Mungkin Anda kekurangan asupan magnesium setiap harinya. Pasalnya, kekurangan magnesium membuat sistem daya tahan tubuh menurun. Alhasil, performa fisik pun tidak selalu memuaskan saat dipakai untuk menyelesaikan tugas harian.
Namun demikian, Anda tak perlu khawatir. Sebabnya, ada makanan yang bisa menopang asupan magnesium Anda. Ya, Anda hanya perlu menambahkan makanan tersebut ke dalam menu harian Anda.
Penasaran apa saja makanan itu? Berikut ulasannya seperti dilansir Naturalnews.
Gandum quinoa


Gandum quinoa mengandung  magnesium paling banyak dibandingkan dengan gandum lainnya. Di mana gandum quinoa memberikan sekira 118 miligram pada tubuh, sementara gandum biasa hanya mengandung 86 miligram perporsi.
Labu


Labu menawarkan sekira 43 miligram persatu cangkir, dan sayuran ini cukup membantu mencukupi asupan magnesium seseorang. Sementara itu, sumber magnesium dari sayuran lain bisa Anda dapat dari bit dan brokol, dimana kedua sayuran itu menawarkan 39 miligram dan 33 miligram  dari satu cangkir.
Raspberry


Selain rasanya yang menyegarkan, rasberrry merupakan salah satu buah yang kaya akan magnesium. Di mana menawarkan sekira 27 miligram persatu cangkir. Sementara stroberi memberikan magnesium 19 miligram dalam satu porsinya. (Baca: Dampak Buruk jika Anda Dehidrasi)
Kacang hitam


Beberapa jenis kacang menawarkan banyak magnesium, dan yang bertengger paling atas ialah kacang hitam. Bagaimana tidak, kacang hitam memberikan sekira 120 milgram magnesium dimana kacang jenis lain hanya menawarkan 81 miligram sampai 96 milgram dalam setiap porsinya.
Seafood


Makanan laut juga merupakan sumber tertinggi dari magnesium. Misalnya saja ikan tuna yang menawarkan 48 miligram magnesium jika mengonsumsi empat ons. Sedangkan kerang memberikan 42 miligram mineral dengan porsi yang sama dengan ikan tuna.
(ren)

View the original article here

Lima Makanan 'Wajib' saat Sahur

RASA lemas, haus dan lapar pasti akan dialami setiap orang yang berpuasa. Tapi itu bukan halangan untuk menjalani aktivitas, asalkan Anda mengonsumsi makanan yang tepat kala sahur.

Makanan tepat biasanya mencukupi karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Nah, agar tidak lemas dan lesu saat beraktivitas seharian, saat sahur konsumsilah:

Air Lemon

Menurut pakar food combining Erikar Lebang dalam bukunya 'Food Combining di Bulan Ramadhan', minum segelas air hangat yang diberi sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis saat sahur baik untuk tubuh. Gunanya sebagai tonik (cairan penyegar) untuk liver yang telah bekerja semalaman sebagai katalisator serap saat tidur.

Buah

Kandungan vitamin dan mineralnya memiliki efek ‘listrik’ yang berfungsi mengubah cadangan makanan sebagai sumber energi serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi buah seperti melon, jeruk, atau pir sedikitnya 15 menit sebelum makan nasi.

Karbohidrat Kompleks

Karena energi levelnya stabil maka meningkatkan gula darah secara perlahan sehingga tubuh tidak kaget atau shock. Peningkatan gula darah yang perlahan, penurunannya pun perlahan sehingga tubuh tidak mudah lemas. Karbohidrat kompleks juga lebih lama dicerna tubuh sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jenis karbohidrat ini bisa didapat dari nasi merah, sayuran dan umbi-umbian.

Air Putih

Menyeruput teh manis hangat saat santap sahur memang nikmat. Kombinasi teh dan gula juga cepat memberi tambahan energi. Namun energi yang dihasilkan dari gula pasir juga akan hilang dengan cepat. Tubuh pun akan terasa lebih lemas. Saat sahur, lebih sehat minum air putih untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa. Hindari kopi dan teh terlalu banyak karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Suplemen Makanan

Jika Anda akan beraktivitas lebih banyak dan intens dari biasanya, disarankan untuk mengonsumsi suplemen makanan sebagai tambahan energi. Pilih suplemen yang lengkap kandungan vitamin, mineral dan omega-3 agar energi tetap terjaga hingga menjelang buka puasa. l  
(fik)


View the original article here