Begini Cara Cegah Infeksi Gastroenteritis (1)

INFEKSI gastroenteritis atau penyebab diare sering menyerang seseorang saat hujan sering turun seperti saat ini. Untuk itu, penting mengambil langkah preventif agar bisa menghindari diare.
Infeksi gastroenteritis menyebabkan iritasi dan peradangan pada lapisan dalam perut yang menyebabkan pembengkakan. Seseorang yang terinfeksi bakteri akan menderita diare akut dan muntah-muntah. Beberapa gejala saat seorang terinfeksi bakteri, ialah diare, muntah-muntah, sakit perut, kram, dan dehidrasi di 24 jam sampai 48 jam.
Terinfeksi gastroenteritis harus segera ditangani dokter karena bisa menyebabkan komplikasi pada ginjal. Namun demikian, sebenarnya sebelum itu terjadi Anda bisa mencegah. Untuk mengetahui caranya, simaklah paparan Dr Akshay Chhallani, Konsultan di Rumah Sakit Wockhardt, seperti dilansir Healthmeup.
- Selalu pastikan Anda mencuci tangan sampai bersih usai menggunakan kamar mandi. Hal ini sangat penting, apalagi jika kamar mandi yang Anda gunakan ialah kamar mandi umum, entah itu di tempat kerja atau di tempat lain.
- Cuci kedua tangan Anda dengan bersih dan teratur. Khususnya saat sebelum atau sesudah makan.
- Jaga lingkungan sekitar Anda tetap bersih. Misalnya membersihkan meja makan, gagang pintu dan lain-lain. (Baca: Cegah Dehidrasi, Pakailah Baju Longgar)
- Selalu meminum air yang sudah matang atau air yang diobati dengan klorin.
- Hindari mengonsumsi makanan yang diperjualbelikan di pinggir jalan. Selain itu, hindari juga makanan di tempat-tempat yang kurang higienis cara menyajikan makanannya.
- Hindari mengonsumsi makanan yang setengah matang atau ikan mentah. (bersambung)
(fik)

View the original article here

0 Comments

Posting Komentar