Senin, 14 Juli 2014

Kiwi Efektif Tingkatkan Mood Pria

BUAH kiwi dikenal memiliki kandungan vitamin C alami paling tinggi. Selain bermanfaat untuk daya tahan tubuh, kandungan tersebut ternyata mampu meningkatkan mood khususnya para pria.

Hal inipun diungkapkan oleh Dr.dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SP.GK. Menurutnya, konsumsi dua buah kiwi perhari efektif mengatasi gangguan suasana hati.

"Konsumsi kiwi gold sebanyak 2 buah per hari mengalami penurunan total mood disturbance," ujar dalam acara sehat dengan buah kiwi Zespri di Jakarta, belum lama ini.

Pendapat ini tentunya didasarkan pada sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam journal of nutritional science 2013. Dalam jurnal tersebut ilmuwan dari centre for free radical research, department of phatology, university of Otago, Christchurch, New Zealand meneliti efek konsumsi Zespri Gold Kiwi terhadap suasana hati. Mereka kemudian melakukannya kepada pria dewasa berusia 18-35 tahun.

Penelitian tersebut dibagi menjadi dua kelompok dalam dua tahapan. Masing-masing menggunakan metode yang sama yakni kuesioner profile of mood states untuk memonitor respon seseorang.

Untuk kelompok pertama dalam tahap penelitian awal, responden diminta untuk mengonsumsi setengah atau 53mg selama enam minggu. Sedangkan kelompok kedua diminta untuk mengonsumsi dua buah kiwi perhari atau sekitar 212mg.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi kiwi Gold dalam jumlah kecil tidak menunjukkan efek berarti. Sedangkan kelompok yang mengonsumsi kiwi gold sebanyak dua buah perhari menunjukkan gangguan suasana hatinya menurun sebanyak 35% dan depresi berkurang hingga 32%.

Di tahap penelitian berikutnya, responden juga dibagi dalam dua kelompok. Pertama yakni peserta yang memiliki gangguan suasana hati dibawah rata-rata. Sedangkan kelompok berikutnya memiliki gangguan suasana hati diatasnya. Masing-masing kelompok tersebut diminta untuk mengonsumsi setengah buah kiwi dan dua buah kiwi gold.

Pada penelitian tersebut didapati, dua kelompok yang mengonsumsi buah kiwi dengan dosis kecil ternyata tidak menunjukkan efek apapun. Sedangkan dua buah kiwi yang dikonsumsi kelompok dengan suasana hati di atas rata-rata justru menunjukkan perubahan signifikan. Mulai dari menurunnya gangguan suasana hati dan kelelahan sebesar 38%, depresi 34%, serta semangat jadi naik hingga 31%.

Kondisi ini rupanya berbeda pada kelompok dengan stres rendah yang mengonsumsi dua buah kiwi gold. Pada kelompok tersebut, kiwi yang dikonsumsi memang tidak memberikan efek yang berarti.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa otak manusia dan sistem saraf membutuhkan nutrisi yang cukup.  Karenanya, hal itupun harus diperhatikan  agar berfungsi optimal.

"Konsumsi makanan yang padat nutrisi dan kaya vitamin c, mood dan energi bisa terjaga," tutup dr Fiastuti. (fik)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar