Berolahraga Tanpa Pemanasan, Cedera Lutut Mengancam

DEMAM Piala Dunia biasanya mendongkrak semangat kita untuk bermain futsal ataupun sepakbola. Jika hal ini serupa yang Anda rasakan, jangan pernah lupa melakukan pemanasan dulu saat melakukan olahraga itu.  
Dr L. Andre Pontoh, SpOT (K), spesialis bedah orthopedi RS Pondok Indah, menjelaskan bahwa pemanasan sangat penting untuk semua kegiatan berolahraga. Jika tidak, hal itu bisa mendatangkan cedera pada lutut atau kaki. (Baca: Penanganan Tepat Cedera Lutut)

"Biasanya orang habis nonton World Cup, mereka jadi semangat berolahraga main bola atau futsal sampai lupa pemanasan. Nah, ini sebenarnya yang suka bikin lutut orang cedera. Lakukan stretching dulu, pelan-pelan. Apalagi, mereka yang sudah jarang berolahraga dan melakukan olahraga esktrem atau high contact," katanya di Jakarta, baru-baru ini. (Baca: Hati-hati, Pakai High Heels Bikin Cedera Lutut)
Meski begitu, jika sudah terlanjur cedera lutut, dr Pontoh menganjurkan segera lakukan penanganan. Seperti apa?
"Berhenti dari berolahraga, mengompres bagian yang nyeri dengan air hangat atau dingin kemudian dibebat agar tidak mengalami bengkak," terangnya. (Baca: Lutut Cedera Usai Berlari, Bolehkah Dipijat?)


(ftr)

View the original article here

0 Comments

Posting Komentar