Sederet Cara Ampuh Lawan Glaukoma

GLAUKOMA adalah salah satu silent disease yang perlu diwaspadai. Pasalnya, penyakit ini tidak menyakitkan, tetapi merusak saraf optik dan membuat orang jadi buta.
Untungnya, pola makan sehat bisa membantu memperlambat efek dari glaukoma. Ya, dengan makanan tertentu seseorang bisa menjaga fungsi penglihatan matanya. (Baca: Mabuk Perjalanan Ketika Mudik, Minum Obat atau Istirahat)

Untuk mengetahui apa saja makanan tersebut, berikut ulasan Dr Shilpa Mittal, Ahli Gizi dari Nutrilife Health Management, seperti dilansir Healthmeup.

• Pola makan terbaik untuk melawan glaukoma adalah mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B kompleks. Pasalnya, nutrisi ini akan membantu melindungi fungsi mata Anda. Sementara itu, makanan yang bisa dikonsumsi ialah aneka biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan segar, dan sayuran.

• Hindari meminum kopi. Kandungan kafein yang tinggi bisa meningkatkan tekanan darah sehingga meningkatkan tekanan intraokular (IOP).

• Wortel dan sayuran berdaun hijau tua sangat membantu memperlambat glaukoma. Penurunan risikonya hampir sebesar 60%.

• Minum teh hijau dapat membantu melindungi kesehatan mata Anda. Sebuah studi menemukan bahwa retina dan humor aqueous menyerap antioksidan yang ada di dalam teh hijau.

• Berolahraga dan mengurangi stres penting untuk orang-orang yang ingin menghambat perkembangan glaukoma.

• Meditasi juga bisa dijadikan cara untuk memperlambat serangan glaukoma. Itu karena meditasi bisa membuat tubuh rileks dan mengurangi stres.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu bernapas dalam-dalam, dan fokus pada aliran pernapasan. Cara ini akan membuat oksigen dihirup lebih banyak, alhasil membuat Anda jauh lebih tenang.
(fik)


View the original article here

0 Comments

Posting Komentar