Jumat, 01 Agustus 2014

Organ Intim Sehat, Pilih Tempat Pipis Bukan Gratisan

MENAHAN rasa buang air kecil saat menempuh perjalanan dapat berisiko mengalami infeksi saluran kencing (ISK). Karenanya, disarankan tidak perlu menunggu sampai ‘kebelet’ baru mencari tempat pemberhentian.

Namun, yang menjadi kekhawatiran adalah mengenai kebersihan toilet umum saat perjalanan mudik. Bagi wanita, toilet yang kotor akan mengganggu kebersihan genitalnya. Merekapun cenderung menahan buang air kecil.

Bagaimana tip memilih tempat untuk buang air kecil dengan memerhatikan aspek kesehatan dan kebersihan? Direktur Medis Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, Jawa Barat, Dr Sri Widiyaningsih mengatakan, sekarang ini sudah banyak tersedia fasilitas toilet sepanjang perjalanan mudik, baik jalur pantai utara (Pantura) maupun jalur selatan. Dari sekian banyak fasilitas toilet, di antaranya ada yang membayar dan gratis.

“Fasilitas toilet sepanjang perjalanan mudik ada yang membayar, tetapi ada pula yang gratis. Nah, kalau toilet yang membayar itu biasanya bersih,” katanya di Jakarta, belum lama ini.

Terlepas dari itu, menurut Dr Sri, banyak yang bisa direkomendasikan sebagai tempat buang air kecil selama perjalanan mudik. Selain tempat yang dikomersialkan, tambah Dr Sri, masih ada beberapa tempat, seperti pom bensin atau masjid yang kebersihannya terjaga.

“Terutama kalau di masjid, itu kita bisa salat terus juga sekalian beristirahat, jadi menurut saya tidak ada masalah soal itu,” tutupnya. (fik)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar