Sabtu, 02 Agustus 2014

Hindari Minuman Karbonasi Dingin Selama Puasa

SEHAT selama menjalankan sisa puasa di bulan Ramadan bukanlah hal rumit, terlebih kita sudah beradaptasi selama beberapa pekan. Meski begitu, masih ada beberapa orang yang tidak menyadari melakukan kebiasaan kurang sehat, baik saat berbuka puasa maupun sahur.

Head of the Nutrition Department di Al Qassimi Hospital, Sharjah, Latifa Mohammed Rashid, mengatakan bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat berbuka puasa maupun sahur. Di antaranya adalah minuman olahan atau berkarbonasi.

“Hindari minuman berkarbonasi yang terbuat daru susu dan buah karena mengandung banyak garam, serta hanya membuat Anda merasa haus setelah berbuka puasa,” katanya, sebagaimana dikutip Emirates247, Senin (21/7/2014).

Jadi, berbuka puasa dengan air putih dulu untuk memberikan cukup kalium yang Anda butuhkan untuk menjaga kadar gula darah tubuh. Konsumsi setelah seharian berpuasa. (Baca: Waspadai Penyakit Kronis saat Mudik)

Selain itu, berbagai minuman disuguhkan dalam bentuk sangat dingin. Banyak yang menyukainya dalam bentuk dingin karena memberikan efek menyegarkan saat berbuka puasa.

Namun, Latifa tidak menganjurkan untuk mengonsumsi minuman berkarbonasi, terutama dalam bentuk dingin. Sebab, hal ini bisa memicu gangguan perut dan kecanduan.

“Minuman es berkarbonasi dapat menyebabkan gangguan perut dan kecanduan sehingga umumnya tidak dianjurkan. Jika Anda ingin menghindari minuman berkarbonasi, cobalah menggantinya dengan memilih jus buah segar,” tutupnya. (fik)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar