Selasa, 22 Juli 2014

Usai Cabut Gigi, Sebaiknya Anda Lakukan Ini

MEMAHAMI penanganan setelah cabut gigi sangat penting bagi semua orang. Pasalnya, lama penyembuhan tergantung penanganan setelah melakukan tindakan terhadap gigi.

Sayangnya, banyak orang tidak mengetahui penanganan setelah cabut gigi. Jika Anda termasuk demikian, tidak usah cemas.

Berikut beberapa tip usai mencabut gigi menurut drg Sandeep Sharma, Direktur Axiss Dental, seperti dilansir Healthmeup.

- Jaga kapas yang menempel pada bekas lubang gigi yang dicabut selama 45 menit. Jika sudah 45 menit, lepaskanlah kapas secara perlahan.

- Jangan langsung mengonsumsi makanan setelah Anda cabut gigi. Tunggulah sampai efek mati rasa mulai hilang dalam waktu 30 menit sampai dua jam. Tujuannya mencegah bibir atau lidah tergigit.

- Kompreslah dengan es bagian luar dari bekas Anda cabut gigi Anda. Lakukan kompres ini sekira dua jam sampai delapan jam pertama setelah operasi. Fungsinya, setidaknya kompres akan mengurangi ketidaknyamanan dan efek bengkak pasca operasi.

- Jangan mengonsumsi makanan panas atau makanan sulit dikunyah setelah operasi. Konsumsilah makanan dengan tekstur lunak atau tidak terlalu pada terlebih dahulu untuk 24 jam awal.

- Jangan meludah atau berkumur untuk 24 jam setelah operasi. Ini akan menghindari penggumpalan darah atau munculnya pendarahan. Di samping itu, jangan merokok dulu 24 jam awal setelah operasi.

- Jangan lupa mengonsumsi obat yang diresepkan dokter gigi kepada Anda.

- Untuk 24 jam awal, sikatlah gigi Anda dengan cara yang lembut. Ini agar tidak ada pendarah setelah operasi gigi.

- Setelah 24 jam setelah cabut gigi, kumur-kumur setiap tiga atau empat jam dengan menggunakan air garam hangat selama beberapa hari ke depan.

- Jika mulut Anda mengalami bengkak setelah operasi gigi, pendarahan yang tak kunjung berhenti, demam, pusing, muncul alergi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. (fik)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar