Sabtu, 19 Juli 2014

Sejumlah Makanan Siap Puaskan Dahaga Anda

MEMILIKI tubuh tetap terhidrasi saat cuaca sedang panas sangat penting. Aturan umumnya, minumlah setidaknya delapan gelas air setiap hari.
Namun, jika Anda orang yang lebih senang mengunyah dibanding menelan, Derek Flanzraich, CEO dan pendiri Greatist.com, mencatat ada sejumlah makanan yang bisa memuaskan dahaga dan mendongkrak kesehatan tubuh.
"Saya pikir semua orang akan kaget kalau saya katakan bahwa 20 persen dari asupan harian cairan bisa berasal dari makanan mereka," kata Flanzraich, seperti dilansir Foxnews, Rabu (15/7/2014)
Aneka buah beri, misalnya, mengandung lebih dari 90 persen air dan bermanfaat untuk membuat tubuh terhidrasi. Flazraich pun punya rekomendasi makanan yang tidak biasa, yakni memadukan stroberi dan nanas kemudian ditambah es agar minuman kian menyegarkan.
"Anda juga bisa menambahkan stroberi dan rasberi dalam potongan kecil. Tambah sedikit air jeruk nipis, dan mungkin beberapa sendok madu, lalu simpan di dalam lemari es," Flanzraich.
"Jadi, sekarang Anda memiliki minuman yang lebih sehat saat merasa harus," tambahnya
Yoghurt juga bisa dijadikan makanan pelepas dahaga yang menyehatkan. Yoghurt tinggi kalsium, vitamin D, protein, dan probiotik serta mengandung 88 persen air. (Baca: Kentut Berbau Menyengat Baik untuk Kesehatan)
"Yogurt merupakan cara terbaik untuk membuat Anda terhidrasi sepanjang hari sebab mengandung memiliki kalium dan natrium, dimana saat Anda mengalami dehidrasi, dua senyawa itu membantu Anda untuk mengisi elektrolit dalam tubuh," bebernya. (Baca: Kunci Diet Sehat selama Ramadan)
Dalam mangkuk yoghurt, tambahnya, kita juga bisa menyertakan potongan apel, wortel, dan makanan yang banyak mengandung air agar kian memuaskan rasa haus. Jika Anda sedang mencari menu yang mengandung cairan, semangkuk oatmeal bisa membantu memenuhi keinginan. (Baca: Kunci Sehat Puasa, Jangan Sampai Dehidrasi!)
"Apa yang membuat oatmeal bagus sebagai menu sarapan karena jenis makanan ini mengandung lebih dari 90 persen air. Belum lagi oatmeal kaya serat," terangnya.
Masih ada makanan yang lain yang bisa membantu tubuh terhidrasi. Di antaranya ada kiwi, pir, bayam, semangka, seledri, dan mentimun.
(ftr)

View the original article here

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar