Minggu, 20 Juli 2014

Hepatitis Menyerang Bukan Hanya karena Virus

HEPATITIS adalah peradangan yang muncul pada organ hati. Memang, beberapa kondisi hepatitis dapat sembuh sendiri, tetapi bisa juga berkembang menjadi fibrosis, sirosis, ataupun kanker hati.

Apa yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit hepatitis? Konsultan Gastroenterohepatologi RSCM, dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH, mengatakan bahwa virus hepatitis, yakni A, B, C, D, dan E adalah penyebab paling sering seseorang terkena penyakit hepatitis.

Namun, dr Irsan menegaskan bahwa penyakit hepatitis tidak hanya disebabkan oleh virus. Penyakit peradangan hati ini juga bisa disebabkan gaya hidup tidak sehat.

"Penyakit hepatitis tidak hanya disebabkan oleh virus. Terlalu banyak minum alkohol juga bisa menyebabkan seseorang terkena hepatitis," katanya pada SOHO Global Health bertema “Hepatitis, Kenali dan Obati” di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, (15/7/2014).

"Oleh karena itu, banyak kita dengar kalau orang-orang bule terkena penyakit liver, kebanyakan karena sering minum minuman beralkohol," tambahnya.

Sementara, penyakit hepatitis juga bisa disebabkan oleh zat beracun yang berasal dari konsumsi obat-obat tertentu. Beberapa kondisi lain juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit hepatitis.

"Penyebab lain itu di antaranya pelemakan hati atau obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko serta penyakit autoimun," simpulnya. (ftr)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar