Cedera Otot Lutut Minimal Enam Bulan Bisa Sembuh

KETIKA cedera putus urat ligamen, banyak orang melakukan operasi untuk menyembuhkannya. Lantas, usai operasi kapan pasien bisa jalan kembali seperti semula?
Dr L. Andre Pontoh, SpOT (K), spesialis bedah orthopedi RS Pondok Indah, menjelaskan bahwa butuh berbulan-bulan bagi pasien yang cedera lutut pada ligamennya untuk bisa sembuh. Pasalnya, hal ini dikarenakan menunggu urat ligamen asli tumbuh. Tentu, keseimbangan tubuhnya saat berjalan dan untuk berolahraga akan kembali lagi. (Baca: Hati-hati, Pakai High Heels Bikin Cedera Lutut)
"Kenapa butuh berbulan-bulan, karena operasi itu mengganti dengan urat yang baru (buatan-red). Baru bulan keenam, urat ligamen tumbuh lagi untuk perbaikan otot," katanya di Jakarta, baru-baru ini. (Baca: Lutut Cedera Usai Berlari, Bolehkah Dipijat?)
Meski begitu, cedera otot ligamen tidak selalu ditangani dengan operasi. Operasi dinilai menjadi pilihan cepat untuk kembali beraktivitas. (Baca: Penanganan Tepat Cedera Lutut)
"Jika pria berumur 60 tahun mengalami cedera lutut, apakah ia harus dioperasi, mau buat apa lagi? Rasanya tidak perlu. Operasi ini dilakukan untuk mereka yang masih ingin melakukan aktivitas kesukaannya, entah berjalan atau berolahraga. Nah, kalau orang itu ingin bisa melakukan banyak aktivitas, seperti berjalan dengan seimbang atau berolahraga lagi, operasi memang pilihannya," tutupnya.
(ftr)

View the original article here

0 Comments

Posting Komentar