Sabtu, 09 Agustus 2014

Sensasi Sehat

Senin, 04 Agustus 2014

Pemudik dengan Motor, Baiknya Istirahat Tiap 4 Jam

MENJAGA kondisi fisik agar tetap prima merupakan keharusan bagi pemudik, terutama mereka yang mengendarai kendaraan pribadi. Tujuannya, tentu agar perjalanan mudik Anda tetap sehat dan aman.  
Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof dr Ali Ghufron Mukti, M.Sc,Ph.D, mengatakan bahwa untuk menjaga kondisi fisik tetap prima selama perjalanan, pemudik harus menyempatkan diri sesekali berhenti dan beristirahat. Ali menyarankan untuk pemudik menghentikan kendaraannya tiap 4 jam demi mengembalikan kondisi fisik yang sudah kelelahan.
“Mengapa harus 4 jam? Kita perkirakan daya tahan tubuh masih prima kira-kira 4 jam, kalau 2 jam masih terlalu pendek, tetapi kalau 6 jam sudah terlalu lelah, jadi kurang lebih 4 jam," katanya di Ruang Maharjono, Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (22/7/2014).
Lebih lanjut, Ali mengimbau untuk pemudik yang membawa kendaraan sendiri tidak mengonsumsi obat-obatan atau minuman keras. Hal ini karena dampak yang ditimbulkan dari obat-obat dan minuman keras bisa membuat tubuh cepat lelah dan mengantuk.
Selain itu, menurutnya, para pemudik juga jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi bila sudah mengantuk. Ali mengatakan bahwa pengemudi harus menyadari bila mengantuk dapat membahayakan diri sendiri, penumpang, dan orang lain. (Baca: Dampak Buruk jika Anda Dehidrasi)

“Oleh karena itu, harus betul-betul disadari untuk tidak memaksakan diri, karena dapat membahayakan diri sendiri, penumpang, maupun orang lain yang juga biasanya turut menjadi korban dalam kecelakaan,” tutupnya. (Baca: Cegah Dehidrasi, Pakailah Baju Longgar)
(fik)

View the original article here

Minggu, 03 Agustus 2014

10 Cara Alami Perbesar Ukuran Mr P (1)

WANITA bukanlah satu-satunya orang yang menderita jika diejek memiliki tubuh jelek. Pria juga bisa tertekan mengenai ukuran Mr P yang dimilikinya.
Tidak semua orang dianugerahi dengan Mr P yang besar secara alami. Terlebih, perubahan gaya hidup saat ini bisa menurunkan ukuran dan ketebalannya.
Jika Anda terobsesi ingin memiliki ukuran Mr P lebih besar, ada beberapa langkah alami. Berikut ulasannya, seperti dilansir Healthmeup.


Berhenti merokok
Partikel yang dihasilkan dari merokok cenderung memblokir peredaran darah arteri. Ini juga salah satu alasan merokok dikaitkan dengan penyakit jantung. Pasokan darah yang buruk membuat fungsi organ memburuk, hal ini juga untuk Mr P.


Rutin berolahraga
Membentuk otot dan menurunkan berat badan bukanlah satu-satunya alasan bergabung dengan gym. Akan tetapi, Anda juga bisa mendapatkan Mr P yang panjang  dan sehat. Kok bisa? Itu karena rutin berolahraga membantu membersihkan plak dalam arteri dan meningkatkan aliran darah ke Mr P. (Baca: Duduk Sila Kaki Sering Kesemutan, Mengapa?)


Hindari mengonsumsi makanan berkalori tinggi
Mengonsumsi makanan tinggi akan lemak, banyak kalori, dan gaya hidup sehat bisa menyebabkan penyakit jantung serta ukuran Mr P jadi lebih kecil. Hal itu bisa terjadi karena kolesterol menghambat aliran darah pada arteri sehingga mengurangi aliran darah ke organ vital dan ukuran Mr P pun menyusut.


Sayuran dan buah-buahan
Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan bisa membantu meningkatkan ukuran Mr P. Hal itu bisa terjadi karena kandungan ini bisa membantu melawan radikal bebas dalam arteri, juga memperkuat aliran darahnya. Tak ayal, ukuran Mr P bisa tambah besar.


Menurunkan berat badan
Memiliki perut besar akan mengurangi penampilan fisik Mr P. Bahkan jika Anda memiliki Mr P besar, mungkin jadi terlihat lebih kecil akibat tertutup perut yang besar. (bersambung)
(fik)

View the original article here

Deretan Makanan Bantu Anda Turunkan Kadar Kolesterol

KEBIASAAN makan dan gaya hidup yang buruk menyebabkan hampir setiap orang memiliki kadar kolesterol yang tidak sehat hari ini. Bagaimana menurunkannya?
Tidak usah cemas, Sebab ada solusi alami tertentu yang bisa menanggulangi kondisi itu.  Secara umum, makanan tinggi serat ialah makanan memiliki efek penurun kolesterol, misalnya buah-buahan yang segar, sayuran dan kacang-kacangan.
Belum puas? Tidak usah takut, karena memang masih ada lagi makanan lain yang bisa dijadikan referensi.  Yuk simak ulasannya seperti dilansir Naturalnews.
• Gandum adalah sumber serat larut yang saat tergabung dengan kolesterol di saluran pencernaan, bisa mengeluarkan kolesterol dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, mengonsumsi tiga perempat gandum sereal setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol sebesar 10 persen.
• Wortel mengandung serat pektin yang disebut mampu  membantu menurunkan kadar kolesterol. Penelitian dari Skotlandia menemukan, konsumsi  dua wortel setiap hari selama tiga minggu bisa mengurangi kadar kolesterol sebesar 10 sampai 20 persen.
• Apel dan lapisan jeruk yang berwarna putih merupakan sumber lain yang baik dari pektin.
• Kacang ialah makanan tinggi serat dan  rendah lemak yang sangat baik untuk memangkas kolesterol.  Untuk mendapatkan manfaat ini, perhatian bisa Anda arahkan kepada kacang lentil dan kacang merah.
• Biji wijen kaya akan phytosterols, bisa memasok aliran darah ke seluruh tubuh dan mendorong kolesterol keluar.
• Kacang kenari merupakan sumber yang baik dari asam alpha-linolenic, yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol, kata Kitty Gurkin Rosati, ahli diet bersertifikat.
(fik)

View the original article here

Begini Cara Cegah Infeksi Gastroenteritis (1)

INFEKSI gastroenteritis atau penyebab diare sering menyerang seseorang saat hujan sering turun seperti saat ini. Untuk itu, penting mengambil langkah preventif agar bisa menghindari diare.
Infeksi gastroenteritis menyebabkan iritasi dan peradangan pada lapisan dalam perut yang menyebabkan pembengkakan. Seseorang yang terinfeksi bakteri akan menderita diare akut dan muntah-muntah. Beberapa gejala saat seorang terinfeksi bakteri, ialah diare, muntah-muntah, sakit perut, kram, dan dehidrasi di 24 jam sampai 48 jam.
Terinfeksi gastroenteritis harus segera ditangani dokter karena bisa menyebabkan komplikasi pada ginjal. Namun demikian, sebenarnya sebelum itu terjadi Anda bisa mencegah. Untuk mengetahui caranya, simaklah paparan Dr Akshay Chhallani, Konsultan di Rumah Sakit Wockhardt, seperti dilansir Healthmeup.
- Selalu pastikan Anda mencuci tangan sampai bersih usai menggunakan kamar mandi. Hal ini sangat penting, apalagi jika kamar mandi yang Anda gunakan ialah kamar mandi umum, entah itu di tempat kerja atau di tempat lain.
- Cuci kedua tangan Anda dengan bersih dan teratur. Khususnya saat sebelum atau sesudah makan.
- Jaga lingkungan sekitar Anda tetap bersih. Misalnya membersihkan meja makan, gagang pintu dan lain-lain. (Baca: Cegah Dehidrasi, Pakailah Baju Longgar)
- Selalu meminum air yang sudah matang atau air yang diobati dengan klorin.
- Hindari mengonsumsi makanan yang diperjualbelikan di pinggir jalan. Selain itu, hindari juga makanan di tempat-tempat yang kurang higienis cara menyajikan makanannya.
- Hindari mengonsumsi makanan yang setengah matang atau ikan mentah. (bersambung)
(fik)

View the original article here

10 Asupan yang Siap Dongkrak Magnesium Anda (2-Habis)

PERNAHKAH Anda merasa badan Anda terlalu ringkih untuk "menerjang" aktivitas harian? Mungkin Anda kekurangan asupan magnesium setiap harinya. Pasalnya, kekurangan magnesium membuat sistem daya tahan tubuh menurun. Alhasil, performa fisik pun tidak selalu memuaskan saat dipakai untuk menyelesaikan tugas harian.
Namun demikian, Anda tak perlu khawatir. Sebabnya, ada makanan yang bisa menopang asupan magnesium Anda. Ya, Anda hanya perlu menambahkan makanan tersebut ke dalam menu harian Anda.
Penasaran apa saja makanan itu? Berikut ulasannya seperti dilansir Naturalnews.
Gandum quinoa


Gandum quinoa mengandung  magnesium paling banyak dibandingkan dengan gandum lainnya. Di mana gandum quinoa memberikan sekira 118 miligram pada tubuh, sementara gandum biasa hanya mengandung 86 miligram perporsi.
Labu


Labu menawarkan sekira 43 miligram persatu cangkir, dan sayuran ini cukup membantu mencukupi asupan magnesium seseorang. Sementara itu, sumber magnesium dari sayuran lain bisa Anda dapat dari bit dan brokol, dimana kedua sayuran itu menawarkan 39 miligram dan 33 miligram  dari satu cangkir.
Raspberry


Selain rasanya yang menyegarkan, rasberrry merupakan salah satu buah yang kaya akan magnesium. Di mana menawarkan sekira 27 miligram persatu cangkir. Sementara stroberi memberikan magnesium 19 miligram dalam satu porsinya. (Baca: Dampak Buruk jika Anda Dehidrasi)
Kacang hitam


Beberapa jenis kacang menawarkan banyak magnesium, dan yang bertengger paling atas ialah kacang hitam. Bagaimana tidak, kacang hitam memberikan sekira 120 milgram magnesium dimana kacang jenis lain hanya menawarkan 81 miligram sampai 96 milgram dalam setiap porsinya.
Seafood


Makanan laut juga merupakan sumber tertinggi dari magnesium. Misalnya saja ikan tuna yang menawarkan 48 miligram magnesium jika mengonsumsi empat ons. Sedangkan kerang memberikan 42 miligram mineral dengan porsi yang sama dengan ikan tuna.
(ren)

View the original article here

Lima Makanan 'Wajib' saat Sahur

RASA lemas, haus dan lapar pasti akan dialami setiap orang yang berpuasa. Tapi itu bukan halangan untuk menjalani aktivitas, asalkan Anda mengonsumsi makanan yang tepat kala sahur.

Makanan tepat biasanya mencukupi karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Nah, agar tidak lemas dan lesu saat beraktivitas seharian, saat sahur konsumsilah:

Air Lemon

Menurut pakar food combining Erikar Lebang dalam bukunya 'Food Combining di Bulan Ramadhan', minum segelas air hangat yang diberi sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis saat sahur baik untuk tubuh. Gunanya sebagai tonik (cairan penyegar) untuk liver yang telah bekerja semalaman sebagai katalisator serap saat tidur.

Buah

Kandungan vitamin dan mineralnya memiliki efek ‘listrik’ yang berfungsi mengubah cadangan makanan sebagai sumber energi serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi buah seperti melon, jeruk, atau pir sedikitnya 15 menit sebelum makan nasi.

Karbohidrat Kompleks

Karena energi levelnya stabil maka meningkatkan gula darah secara perlahan sehingga tubuh tidak kaget atau shock. Peningkatan gula darah yang perlahan, penurunannya pun perlahan sehingga tubuh tidak mudah lemas. Karbohidrat kompleks juga lebih lama dicerna tubuh sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jenis karbohidrat ini bisa didapat dari nasi merah, sayuran dan umbi-umbian.

Air Putih

Menyeruput teh manis hangat saat santap sahur memang nikmat. Kombinasi teh dan gula juga cepat memberi tambahan energi. Namun energi yang dihasilkan dari gula pasir juga akan hilang dengan cepat. Tubuh pun akan terasa lebih lemas. Saat sahur, lebih sehat minum air putih untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa. Hindari kopi dan teh terlalu banyak karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Suplemen Makanan

Jika Anda akan beraktivitas lebih banyak dan intens dari biasanya, disarankan untuk mengonsumsi suplemen makanan sebagai tambahan energi. Pilih suplemen yang lengkap kandungan vitamin, mineral dan omega-3 agar energi tetap terjaga hingga menjelang buka puasa. l  
(fik)


View the original article here

10 Cara Alami Perbesar Ukuran Mr P (2-Habis)

MEMILIKI Mr P dengan ukuran besar ialah idaman para pria. Sayangnya, tidak semua diberkati dengan ukuran Mr P yang besar secara alami.
Namun demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk meningkatkan ukuran Mr P Anda. Ya, ada cara ampuh yang bisa dijadikan pegangan meningkatkan ukuran Mr P. Mau tahu? Berikut ulasan menariknya, seperti dilansir Healthmeup.


Mengurangi stres
Rasa cemas dan stres bisa mengurangi ukuran Mr P. Hal itu terjadi karena tekanan pikiran negatif "mengambil" darah dari Mr P sehingga sulit membesar saat ereksi. Biasanya rasa cemas akan performa di atas ranjang jadi alasan Mr P mengecil. (Baca: Duduk Sila Kaki Sering Kesemutan, Mengapa?)


Meditasi
Bermeditasi bisa membantu mendapatkan kehidupan seks lebih baik. Itu bisa terjadi karena rileksasi yang dihasilkan dari meditasi membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Alhasil, merangsang pertumbuhan Mr P.


Pemanasan
Suhu dingin kerap membuat ukuran Mr P menyusut. Untuk itu, mandilah air hangat atau jagalah tubuh Anda tetap hangat agar aliran darah ke Mr P tetap lancar.


latihan Jilq
Latihan jilq sudah diketahui lama bisa meningkatkan aliran darah ke organ vital pria. Caranya, Anda bisa membelainya, kemudian meremasnya berulang-ulang untuk meningkatkan ukuran Mr P.


Pompa Mr P
Pompa Mr P ialah suatu alat yang bisa meningkatkan ukuran Mr P melalui krim, gel, dan pil. Teknisnya, pompa ini akan menarik darah ke Mr P sehingga meningkatkan ukurannya. Namun demikian, jangan rutin menggunakan alat ini sebab bisa merusak pembuluh darah.
(fik)

View the original article here

Sabtu, 02 Agustus 2014

Begini Cara Cegah Infeksi Gastroenteritis (2-Habis)

ASAL makan saat musim hujan bakal membuat Anda gampang terkena diare akut. Saat hujan datang, makanan atau minuman mudah terkontaminasi bakteri sehingga menyebabkan Anda terinfeksi gastroenteritis.
Seseorang yang terinfeksi gastroenteritis akan mengalami diare akut. Di mana tidak hanya membuat lemas akibat dehidrasi, tapi juga bisa menyebabkan komplikasi pada ginjal.
Akan tetapi, kabar baiknya kondisi itu bisa mudah Anda dicegah. Ya, ada beberapa cara yang dilakukan bisa menimalisir Anda terinfeksi gastroenteritis. Untuk mengetahui caranya, simaklah ulasandi bawah ini seperti dilansir Healthmeup.
- Hindari membeli atau mengonsumsi makanan yang sudah dikupas dari jalanan. Sebaliknya, mengonsumsi buah-buahan segar yang Anda cuci, kupas, dan potong sendiri.
- Jika Anda basah-basahan karena hujan, cucilah tangan dan kaki Anda sampai bersih sampai di rumah. Sebab dalam kondisi itu, seseorang rentan untuk terinfeksi. Kebiasaan itu juga untuk menimalisir penularan bakteri dari benda mati. (Baca: Dampak Buruk jika Anda Dehidrasi)
- Lepaskan sepatu saat di luar ruang tamu saat hujan datang. Hal itu untuk menghindari bakteri dari genangan air.
-Sebelum menggunakan komputer atau laptop bersihkan keyboard dan mouse terlebih dahulu. Pasalnya, kedua alat itu agen yang biasanya bisa menyebarkan bakteri.
- Kontrolah tingkat stres Anda. Pasalnya, stres yang tidak terkontrol akan membuat kekebalan tubuh menurun dan membuat Anda lebih rentan terkena penyakit.
(fik)

View the original article here

10 Asupan Siap Dongkrak Magnesium Anda (1)

MAGNESIUM adalah salah satu kandungan yang penting tapi sering diabaikan. Bagaimana tidak, magnesium membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, kemudian melawan depresi, sampai membantu mencegah lonjakan tekanan darah.
Tidak hanya sampai situ, beberapa ahli mengatakan bahwa magnesiumjuga bisa memainkan peran penting dalam mencegah penyakit kanker usus dan Alzheimer.  Karenanya, penting untuk seseorang mencukupi asupan mineral setiap harinya.
Akan tetapi, dari realitas itu muncul satu pertanyaan: bagaimana kita bisa memastikan bahwa magnesium yang ada dalam tubuh kitasudah cukup? Tidak usah cemas, sebab ada makanan tertentu yang kaya magneisum yang bisa Anda andallkan. Untuk mengetahuinya, simaklah ulasan di bawah ini seperti dilansir Naturalnews.
Sayuran hijau


Sayuran hijau seperti bayam, lobak, bit hijau mengandung 31 miligram sampai 156 miligram magnesium untuk setiap cangkir. Sementara itu, mengonsumsi semua sayuran itu ke dalam bentuk salad ialah cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan asupan gizi Anda.
Kacang dan biji-bijian


Biji labu, biji wijen dan biji bunga matahari memberikan magnesium yang cukup untuk tubuh. Mulai dari 113 miligram (bunga matahari) sampai 192 miligram (biji labu). Selain itu menyediakan 117 miligram magnesium, dan kacang almond menawarkan sekira 62 miligram mineral dalam satu cangkir.  (Baca: Dampak Buruk jika Anda Dehidrasi)
Tempe


Selain menjadi bahan makanan yang mudah diolah, tempe juga menyediakan sekira 87 miligram magnesium. Tentu jumlah itu cukup membantu seseorang mencukupi asupan magnesium perharinya.
Tahu


Tahu juga merupakan makanan yang baik untuk mencukup magnesium harian pria dan wanita, yakni sebanyak 66 miligram magnesium.
Kakao


Kakao mengandung hampir 100 miligram magnesium untuk satu porsi atau 27 miligram per 100 gram kakao.  Tak ayal, kakao dijadikan salah satu makanan sumber magnesium yang banyak oleh ahli nutrisi.
(ren)

View the original article here

Penyebab Kelamaan Duduk Bikin Perut Buncit

HAMPIR sebagian besar waktu Anda dihabiskan di kantor untuk bekerja. Kondisi ini tentu bisa sangat melelahkan dan berdampak buruk bagi kesehatan.  
Senior Physiotherapist dari London Bridge Hospital, Lucie Noble, mengatakan bahwa menyempatkan diri untuk beristirahat sangat penting saat bekerja. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengambil waktu istirahat saat bekerja di kantor?
“Saya pasti akan menganjurkan orang untuk mengambil waktu istirahat dalam satu hari. Sebaiknya waktu istirahat diambil ketika 1 jam saat makan siang atau setengah jam, dibanding tidak sama sekali,” katanya, sebagaimana dikutip Femalefirst, Selasa (22/7/2014)
Lebih lanjut, Noble menjelaskan bahwa mengambil waktu istirahat tidak selalu dengan tidur, tetapi dengan beranjak dari kursi untuk bergerak dan rileks. Menurut Noble, tujuannya adalah mengurangi dampak dari gaya hidup yang kurang bergerak dan cenderung terlalu lama duduk.
Selain itu, metabolisme juga menjadi masalah yang sering timbul dari gaya hidup kurang aktif bergerak di kantor. Bahkan, tidak sedikit yang kemudian menjadi penyakit kronis.
“Kurang aktif gerak akan mengurangi metabolisme gula dan lemak secara substansial sehingga dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung,” tuturnya.
Masalah metabolisme tersebut juga bisa berakibat pada melambatnya proses memecah lemak dan gula. Karenanya, kondisi inilah yang menyebabkan tubuh seseorang mulai menyimpan lemak di perut.
“Lemak yang tertimbun di perut sangat berhubungan dengan kolesterol tinggi, berat badan, dan obesitas, serta tekanan darah. Oleh karena itu, sangat bagi seseorang untuk tetap aktif bergerak selama di kantor,” tutupnya.
(fik)

View the original article here

Berenang & Berjalan Cara Tepat Atasi Nyeri Punggung

APA yang Anda lakukan saat nyeri punggung kembali kambuh? Apakah Anda akan total berhenti berolahraga atau tetap menyempat berolahraga? Untuk mengetahui jawaban tepat itu, Anda berkonsultasilah dengan dokter spesialis.
Memeriksakan diri ke dokter sangat penting saat nyeri punggung kambuh. Pasalnya, nyeri punggung bisa terjadi karena masalah pada tulang, sendi atau otot inti tubuh.
"Cara mengetahui sebab nyeri pungung bisa kambuh ialah berkonsultasi dengan seorang spesialis. Dari sana, dokter akan membantu Anda olahraga yang tepat dan jenis olahraga yang harus dihindari," kata Arnav Sarkar, instruktur pembentukan otot seperti dilansir Healthmeup.
"Secara umum, ada beberapa latihan yang sebaiknya dihindari bagi mereka yang menderita nyeri punggung. Misalnya sit up, jogging jarak jauh dan lain-lain," imbuhnya.
Sementara itu, berhenti berolahraga lantaran nyeri punggung  bukanlah solusi yang tepat. (Baca: Pola Makan Sehat selama Puasa)
"Perkuatlah tubuh dengan mengembangkan latih kardio yang efektif memerangi sakit punggung. Selain itu latihan penguatan dan peregangan juga membantu mengurangi nyeri punggung. Apa saja latihan itu? Berjalan dan berenang adalah pilihan yang baik untuk memerangi nyeri punggung," simpulnya.
(fik)

View the original article here

Hindari Minuman Karbonasi Dingin Selama Puasa

SEHAT selama menjalankan sisa puasa di bulan Ramadan bukanlah hal rumit, terlebih kita sudah beradaptasi selama beberapa pekan. Meski begitu, masih ada beberapa orang yang tidak menyadari melakukan kebiasaan kurang sehat, baik saat berbuka puasa maupun sahur.

Head of the Nutrition Department di Al Qassimi Hospital, Sharjah, Latifa Mohammed Rashid, mengatakan bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat berbuka puasa maupun sahur. Di antaranya adalah minuman olahan atau berkarbonasi.

“Hindari minuman berkarbonasi yang terbuat daru susu dan buah karena mengandung banyak garam, serta hanya membuat Anda merasa haus setelah berbuka puasa,” katanya, sebagaimana dikutip Emirates247, Senin (21/7/2014).

Jadi, berbuka puasa dengan air putih dulu untuk memberikan cukup kalium yang Anda butuhkan untuk menjaga kadar gula darah tubuh. Konsumsi setelah seharian berpuasa. (Baca: Waspadai Penyakit Kronis saat Mudik)

Selain itu, berbagai minuman disuguhkan dalam bentuk sangat dingin. Banyak yang menyukainya dalam bentuk dingin karena memberikan efek menyegarkan saat berbuka puasa.

Namun, Latifa tidak menganjurkan untuk mengonsumsi minuman berkarbonasi, terutama dalam bentuk dingin. Sebab, hal ini bisa memicu gangguan perut dan kecanduan.

“Minuman es berkarbonasi dapat menyebabkan gangguan perut dan kecanduan sehingga umumnya tidak dianjurkan. Jika Anda ingin menghindari minuman berkarbonasi, cobalah menggantinya dengan memilih jus buah segar,” tutupnya. (fik)


View the original article here

Agar Sahur Jelang Imsak Menyehatkan Tubuh

KUNCI sehat selama Ramadan yakni tidak mengabaikan sahur. Pasalnya, tubuh membutuhkan asupan makanan untuk energi sampai waktu berbuka puasa.

“Tubuh membutuhkan asupan makanan saat sahur untuk menjalani puasa sepanjang hari dengan sehat. Bagi orang-orang yang terbiasa tidur lebih awal dan bangun lebih cepat, maka lebih baik sahur saat bangun tidur,” kata Dr Abdulla A. Fayyad dari American Board Certified di Gastroenterology and Hepatology, seperti dikutip Emirates247, Senin (21/7/2014).

Meski menekankan bahwa sahur tidak boleh dilewatkan, dr Fayyad juga tidak menampik jika banyak orang melakukannya jelang fajar atau waktu imsak. Jika sudah demikian, maka sangat dianjurkan untuk konsumsi makanan ringan.

“Bagi mereka yang terbiasa tidur larut malam, bangun mendekati waktu fajar untuk sahur, maka disarankan mengonsumsi makanan yang relatif ringan,” tambahnya.

Lebih lanjut, dr Fayyad mengatakan bahwa makanan saat sahur juga harus diperhatikan. Utamanya tentu saja harus kaya gizi. Apalagi, sahur juga dianalogikan mengganti waktu sarapan Anda. Karena itu, sahur harus mencakup karbohidrat dan protein.

“Sahur harus mencakup karbohidrat dan protein karena sebagai pengganti sarapan, serta lebih baik menghindari gula. Hal ini karena makanan mengandung gula akan membuat Anda lapar kembali setelah baru beberapa saat makan,” simpulnya. (fik)


View the original article here

Puasa Ramadan Bikin Asam Urat Membaik

TIDAK hanya amal dan perilaku yang membaik selama menjalankan puasa Ramadan. Namun, berbagai manfaat kesehatan juga didapat, misalnya keluhan nyeri asam urat yang mudah diperbaiki.
Menurut Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Konsultan Gastroenterologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, penyebab asam urat yakni pola makan yang tinggi purin. Namun, karena menjalani puasa, maka asam urat setidaknya bisa diminimalisir.
"Puasa (Ramadan) mendorong orang mengonsumsi makanan sehat dan jauh dari lemak. Karenanya, asam urat seseorang bisa membaik saat-saat sisa mendekati hari Lebaran ini," katanya saat diwawancarai Okezone, Senin (21/7/2014)
Lebih lanjut, makanan yang tinggi purin biasanya mengandung lemak. Lantas, apa saja makanan yang tinggi purin?
"Makanan berlemak, jeroan, daging kambing, dan emping adalah beberapa yang membuat asam urat seseorang kambuh," tutupnya. (Baca: Pola Makan Sehat selama Puasa) 
(fik)

View the original article here

Jumat, 01 Agustus 2014

Organ Intim Sehat, Pilih Tempat Pipis Bukan Gratisan

MENAHAN rasa buang air kecil saat menempuh perjalanan dapat berisiko mengalami infeksi saluran kencing (ISK). Karenanya, disarankan tidak perlu menunggu sampai ‘kebelet’ baru mencari tempat pemberhentian.

Namun, yang menjadi kekhawatiran adalah mengenai kebersihan toilet umum saat perjalanan mudik. Bagi wanita, toilet yang kotor akan mengganggu kebersihan genitalnya. Merekapun cenderung menahan buang air kecil.

Bagaimana tip memilih tempat untuk buang air kecil dengan memerhatikan aspek kesehatan dan kebersihan? Direktur Medis Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, Jawa Barat, Dr Sri Widiyaningsih mengatakan, sekarang ini sudah banyak tersedia fasilitas toilet sepanjang perjalanan mudik, baik jalur pantai utara (Pantura) maupun jalur selatan. Dari sekian banyak fasilitas toilet, di antaranya ada yang membayar dan gratis.

“Fasilitas toilet sepanjang perjalanan mudik ada yang membayar, tetapi ada pula yang gratis. Nah, kalau toilet yang membayar itu biasanya bersih,” katanya di Jakarta, belum lama ini.

Terlepas dari itu, menurut Dr Sri, banyak yang bisa direkomendasikan sebagai tempat buang air kecil selama perjalanan mudik. Selain tempat yang dikomersialkan, tambah Dr Sri, masih ada beberapa tempat, seperti pom bensin atau masjid yang kebersihannya terjaga.

“Terutama kalau di masjid, itu kita bisa salat terus juga sekalian beristirahat, jadi menurut saya tidak ada masalah soal itu,” tutupnya. (fik)


View the original article here

Mudik saat Puasa, Sahur Jangan Lupa Minum Vitamin

BAGI Anda yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan. Apalagi, bagi mereka yang juga menjalankan ibadah puasa.

Salah satu persiapan sebelum melakukan perjalanan mudik dalam kondisi masih puasa adalah kebutuhan gizi. Menurut Direktur Medis Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, Jawa Barat, Dr Sri Widiyaningsih, bekal yang dibawa oleh pemudik untuk sahur dan berbuka puasa baiknya tidak sembarangan. Setidaknya harus memerhatikan sisi kebersihannya.

“Kalau makanan sih tetap nasi, tetapi kalau kita membawa bekal sendiri selama perjalanan mudik yang pasti harus higienis,” katanya di Jakarta, belum lama ini.

Dr Sri menambahkan bahwa bekal makanan yang dibawa oleh pemudik juga harus memenuhi kebutuhan gizi. Di antaranya mencakup karbohidrat, protein, dan vitamin.

“Makanannya harus mencakup karbohidrat, protein, vitamin, dan serat atau empat sehat, bahkan kalau bisa lima sempurna. Kalau lima sempurnanya bisa terpenuhi, itu lebih bagus. Kalau tidak juga tidak masalah,” jelasnya. (Baca: Mabuk Perjalanan Ketika Mudik, Minum Obat atau Istirahat)

Lebih lanjut, tidak kalah penting adalah menghindari sakit selama perjalanan. Jika memang terjadi, Dr Sri menyarankan untuk menambah asupan vitaman demi menutupi kekurangan asupan nutrisi.

“Kalau kita dalam perjalanan tiba-tiba sakit, maka harus memnuhi kebutuhan asupan nutrisi yang kurang dengan vitamin karena kalau sedang sakit biasanya menjadi sedikit makanan sehingga nutrisinya kemungkinan kurang,” tutupnya.  
(fik)


View the original article here

Buka Puasa Tidak Perlu Makanan Penutup

TIDAK terasa Ramadan sudah mendekati akhir. Namun, bukan berarti kesehatan selama berpuasa menjadi diabaikan.

Kunci menjaga kesehatan selama bulan ramadan bisa dilakukan pada waktu berbuka puasa. American Board Certified di Gastroenterology and Hepatology, Dr Abdulla A Fayyad mengatakan, salah cara menerapkan kebiasaan sehat di sisa bulan Ramadan adalah dengan mempercepat buka puasa.

“Mempercepat buka puasa artinya tidak banyak makanan yang dikonsumsi merupakan dasar untuk makan sehat selama bulan Ramadan,” katanya, seperti dikutip Emirates247, Senin (21/7/2014).

Menurut Dr Fayyad, aturan dasar sederhana yang harus diikuti selama bulan Ramadan adalah berbuka puasa dengan perlahan. Selain itu, Dr Fayyad mengatakan bahwa saat buka puasa makanlah makanan yang seimbang dan tidak perlu ada menu penutup.

“Ketika perut sudah terasa penuh, lebih baik membereskan makanan-makanan di meja dan menjauhkannya sehingga tidak ada godaan untuk makan berlebihan,” jelasnya. (Baca: Ragam Olahraga Dianjurkan saat Ramadan)

Selain itu, menu buka puasa harus seimbang. Bahkan, tidak ada menu penutup sebagai bagian dari kampanye mempromosikan kebiasaan makan sehat dan aman selama bulan Ramadan. (Baca: Pola Makan Sehat selama Puasa)  
(fik)


View the original article here

Puasa Stabilkan Tekanan Darah Penderita Hipertensi

PUASA Ramadan memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahkan, pada 10 hari jelang Lebaran, salah satu manfaat yang bisa diambil adalah menurunnya tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Hal ini seperti diungkapkan Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Konsultan Gastroenterologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Menurutnya, naik turun tekanan darah pada penderita hipertensi disebabkan pola makan lemak yang tidak terkontrol, dan emosi yang diliputi rasa cemas.

Sementara itu, dengan menjalani puasa, setidaknya kebiasaan itu bisa diminimalisir.

"Tanda dari tekanan darah bisa turun, bisa dilihat dari pemakaian obat yang berkurang. Jika tekanan darah tidak turun, pasti ada yang tidak terkontrol antara pola makan atau emosi," katanya saat diwawancarai Okezone, Senin (21/7/2014)

Meski begitu, turunnya tekanan darah bagi penderita hipertensi juga tetap harus diwaspadai. Pasalnya, bisa saja aktivitas lain setelah menjalani puasa bisa memicu tekanan darah kembali naik.

"Mudik itu pasti memengaruhi tekanan darah penderita hipertensi. Dan, kuncinya agar bisa mempertahankan manfaat dari mengontrol pola makan dan pengendalian diri—jangan mudah terpancing untuk marah," tutupnya. (fik)


View the original article here

Sederet Cara Ampuh Lawan Glaukoma

GLAUKOMA adalah salah satu silent disease yang perlu diwaspadai. Pasalnya, penyakit ini tidak menyakitkan, tetapi merusak saraf optik dan membuat orang jadi buta.
Untungnya, pola makan sehat bisa membantu memperlambat efek dari glaukoma. Ya, dengan makanan tertentu seseorang bisa menjaga fungsi penglihatan matanya. (Baca: Mabuk Perjalanan Ketika Mudik, Minum Obat atau Istirahat)

Untuk mengetahui apa saja makanan tersebut, berikut ulasan Dr Shilpa Mittal, Ahli Gizi dari Nutrilife Health Management, seperti dilansir Healthmeup.

• Pola makan terbaik untuk melawan glaukoma adalah mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B kompleks. Pasalnya, nutrisi ini akan membantu melindungi fungsi mata Anda. Sementara itu, makanan yang bisa dikonsumsi ialah aneka biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan segar, dan sayuran.

• Hindari meminum kopi. Kandungan kafein yang tinggi bisa meningkatkan tekanan darah sehingga meningkatkan tekanan intraokular (IOP).

• Wortel dan sayuran berdaun hijau tua sangat membantu memperlambat glaukoma. Penurunan risikonya hampir sebesar 60%.

• Minum teh hijau dapat membantu melindungi kesehatan mata Anda. Sebuah studi menemukan bahwa retina dan humor aqueous menyerap antioksidan yang ada di dalam teh hijau.

• Berolahraga dan mengurangi stres penting untuk orang-orang yang ingin menghambat perkembangan glaukoma.

• Meditasi juga bisa dijadikan cara untuk memperlambat serangan glaukoma. Itu karena meditasi bisa membuat tubuh rileks dan mengurangi stres.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu bernapas dalam-dalam, dan fokus pada aliran pernapasan. Cara ini akan membuat oksigen dihirup lebih banyak, alhasil membuat Anda jauh lebih tenang.
(fik)


View the original article here